Penjual Pernak-pernik Suporter Asian Games, Laris Manis

Editor: Satmoko Budi Santoso

153

JAKARTA – Ajang olahraga terbesar se-Asia yakni Asian Games, hampir usai. Indonesia sebagai tuan rumah menduduki peringkat ke-4 dengan perolehan 30 medali emas. Pencapaian yang cukup memuaskan karena termasuk sudah melebihi target prestasi yang diharapkan.

Dari penyelenggaraan Asian Games berdampak ekonomi, seperti di antaranya penjual pernak-pernik suporter yang mampu meraup untung setiap hari rata-rata setengah jutaan. Penghasilan tersebut besar dibanding dengan sehari-harinya jualan aksesoris di pasar.

“Alhamdulillah lumayan laris hasilnya,“ kata Riko, penjual pernak-pernik suporter, mengekspresikan kegembiraannya, kepada Cendana News, di trotoar Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (1/9/2018).

Masyarakat antusias membeli pernak-pernik suporter (Foto Akhmad Sekhu)

Riko membeberkan, dirinya menjual berbagai pernak-pernik suporter, seperti di antaranya bendera merah-putih, stiker merah-putih, logo Asian Games, yang rata-rata seharga 2000-an.

“Saya kulakan barang di Pasar Tanah Abang seharga 1000-an dan dijual 2000-an,“ bebernya.

Riko menyebut, banyak penjual berbagai pernak-pernik suporter serperti dirinya yang tersebar di berbagai sudut Gelora Bung Karno.

“Namanya juga event olahraga besar Asian Games, jadi banyak orang yang memanfaatkan dengan berjualan,“ ungkapnya.

Berangkat pagi-pagi sekali, Riko berharap dapat menjual pernak-pernik suporter sebanyak mungkin sampai barang dagangannya habis.

“Sehari hasilnya rata-rata bisa setengah jutaan. Sebagian hasilnya untuk makan sehari-hari, dan sebagian lagi untuk ditabung,“ paparnya.

Sebenarnya Riko ingin juga masuk ke Gelora Bung Karno untuk ikut nonton pertandingan Asian Games, tapi tiketnya mahal.

“Ya karena tiketnya mahal, jadi saya tiap hari begini saja. Jualan saja, dari awal acara Asian Games sampai sekarang ini,“ ujarnya.

Riko berpendapat kalau prestasi olahraga di Indonesia sekarang sudah mulai membaik.

“Terbukti Indonesia dapat 30 medali emas dan masuk peringkat ke-4, saya sebagai bangsa Indonesia turut bangga,“ tuturnya heroik.

Harapan Riko, Asian Games berjalan sukses, sehingga usaha dirinya juga lancar.

“Kalau acaranya sukses kan jualan kita juga laris. Banyak orang bahagia, kita juga bahagia, sama-sama bahagia,” tegasnya.

Kalau tidak ada Asian Games, Riko biasanya berjualan aksesoris di pasar-pasar tradisional karena baginya yang penting tetap semangat berusaha untuk kehidupan sehari-hari.

“Namanya juga usaha, apa pun saya lakukan, yang penting jualan. Halal dan berkah,“ pungkasnya sumringah.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.