Perajin Harus Ciptakan Produk Sesuai Permintaan Pasar

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

368
Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bali I Gede Wayan Suamba.-Foto: Sultan Anshori

DENPASAR — Bali memiliki keistimewaan tersendiri. Selain pemandangan alam dan destinasi wisata yang memikat hati wisatawan dalam dan luar negeri, pulau dewata ini juga punya potensi dan keunggulan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang juga menjadi penggerak roda perekonomian nasional.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Bali, I Gede Wayan Suamba mengatakan, Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah Pusat Data dan Sistem informasi Kementerian Perdagangan Rl, diketahui perkembangan ekspor non migas di Juni 2018 mengalami peningkatan 7,65%.

“Pada Januari 2017 hanya mencapai 37,7 persen dan saat ini sudah 48,2 persen. Selain itu, jumlah UMKM di Denpasar hingga akhir 2017 mencapai angka 30.840 usaha dan masih terus berkembang dengan berjalannya waktu,” ucap I Gede Wayan Suamba dalam sebuah diskusi bertajuk “Dari Lokal untuk Global” di Denpasar Bali, Kamis (27/9/2018).

Disebutkan, produk UMKM yang banyak diproduksi di Bali termasuk di Denpasar antara lain makanan ringan, minuman, kecantikan, spa, sarung, kerajinan tangan hingga tenun.

“Semua produk tersebut diminati tak hanya di pasar nasional tetapi juga dalam lingkup pasar global,” tambahnya.

Menyikapi hal tersebut, pelaku industri diharapkan dapat memproduksi barang sesuai selera dan laku di pasar, baik domestik maupun yang bernilai ekspor. Produk haruslah memiliki kualitas yang baik serta harga yang berkompetisi dengan produk lain.

Sementara itu, Anak Agung Mas Utari Noviyanthi, pemilik Beehandycraf Bali mengungkapkan, tantangan yang dihadapi para pelaku bisnis adalah bagaimana mencari pasar bisni dan membuat produk yang disukai oleh pasar.

“Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga produksi sesuai order yang kita terima, baik dari segi kualitas dan kuantitas, menjaga ketepatan waktu pengiriman,” ucapnya.

Baca Juga
Lihat juga...