Perguruan Tinggi Swasta Didorong Lakukan Penggabungan

140
Ilustrasi - Mahasiswa Baru

PALANGKA RAYA — Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 11 Kalimantan mendorong perguruan tinggi swasta (PTS) setempat melakukan penggabungan guna meningkatkan kualitas pendidikan.

“Penggabungan itu ialah program Kemenristekdikti dan kami siap mendukung program tersebut. Bagi perguruan tinggi yang mahasiswanya sedikit, kualitasnya kurang namun memiliki operasional tinggi kami dorong melakukan penggabungan,” kata Kepala LLDIKTI Wilayah 11 Kalimantan, Prof Dr Ir H Idiannor Wahyudin MSi di Palangka Raya, Sabtu (22/9/2018).

Ia menambahkan, penggabungan beberapa perguruan tinggi dalam satu manajemen itu dalam rangka mewujudkan pelayanan dan kinerja pengelolaan perguruan tinggi yang berkualitas.

“Penggabungan ini sendiri di titik beratkan kepada perguruan tinggi swasta yang sulit berkembang. Namun bagi PTS yang dinilai mampu mandiri baik dari segi pengelolaan manajemen, sisi pendanaan, tinggi peminat maupun memiliki akreditasi yang memenuhi standar Kemenristekdikti silakan tetap mandiri,” jelasnya.

Ia menyebutkan dari 170 perguruan tinggi swasta di wilayah LLDIKTI 11 Kalimantan, satu yayasan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang memiliki beberapa perguruan tinggi telah melakukan penggabungan.

“Proses penggabungan itu telah masuk di Kemenristekdikti. Selain itu, ada universitas lain yang juga mau melakukan penggabungan namun prosesnya masih panjang,” ujarnya.

Pihaknya pun siap membantu PTS di wilayah LLDIKTI 11 Kalimantan untuk melakukan penggabungan.

“Penggabungan ini muaranya ialah untuk memastikan perguruan tinggi swasta mampu memenuhi standar layanan yang ditetapkan Kemenristekdikti. Di antaranya terpenuhinya akreditasi minimal perguruan tinggi,” katanya.

Idianoor pun meminta jajaran PTS di wilayahnya untuk terus berupaya meningkatkan kualitas yang salah satunya ditunjukkan dengan akreditasi baik perguruan tinggi maupun program studi.

Pernyataan itu diungkapkan dia disela acara pelatihan kehumasan dengan sasaran PTS se-Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara di Kota Palangka Raya. [Ant]

Baca Juga
Lihat juga...