Permohonan SKCK di Batam Meningkat

Editor: Mahadeva WS

218

BATAM – Permohonan pembuatan Surat keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Batam mengalani peningkatan. Hal itu tidak terlepas dari ketentuan, SKCK menjadi salah satu syarat pendaftaraan CPNS.

Ratusan warga, setiap hari mengajukan pembuatan SKCK di Kantor Pelayanan Polresta Barelang, Batam, yang menjadi satu-satunya instansi yang mengeluarkan SKCK di Batam. Terlihat ratusan warga sudah memadati kantor pelayanan pembuatan SKCK sejak pagi hari. Warga mulai mengambil nomor antrian sejak pukul 08.00 WIB pagi. Setelah melengkapi berkas persyaratan, pemohon harus melakukan sidik jari, serta pengambilan foto. SKCK yang diajukan akan selesai juga di hari itu.

Wahyu, salah pemohon SKCK mengatakan, pembuatan terlihat mudah, namun proses yang dilalui menjadikan pembuatan SKCK selesai cukup lama. “Lama sekali, dari pagi jam delapan, saya antrian nomor 38 sampai siang masih belum selesai, mungkin membuatnya lama,” tandasnya.

Pengurusan SKCK dilakukannya, untuk melamar CPNS. Wahyu berencana untuk mendaftar di luar Kota Batam, karena persaingan di daerahnya cukup ketat. “Kata orang persaingan Batam ketat, yang daftar sampai 3.000 lebih, padahal kuota tidak seberapa,” tambahnya.

Pemohon lainnya, Desi, Dia mengurus SKCK untuk mendaftar CPNS yang berlangsung di bulan ini. “Lama juga bikinnya,” kata wanita asli Sibolga tersebut.

Meskipun nomor antrian hanya diberikan pada pagi hari. Menjelang sore warga terus berdatangan untuk mengambil nomor antrian. Petugas layanan SKCK, Elisabatet mengatakan, satu hari Polresta Barelang hanya membuka 100 nomor antrian. Pelayanan dimulai pagi hari pukul 08.00 WIB. “Ya kalau habis terpaksa datang besok lagi,” katanya.

Ketika masa pembukaan CPNS, banyak warga yang mengajukan pembuatan SKCK. Selain itu ada juga yang mengajukan perpanjangan masa berlaku SKCK. Dengan kondisi tersebut, petugas membatasi hanya melayani sampai 100 orang saja. “Kalau hari biasa semua yang ingin membuat diterima langsung, karena tidak terlalu ramai,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...