Pilihan Terbatas, Seto Berharap Pemain Lebih Lepas

Editor: Satmoko Budi Santoso

165
Seto Nurdiyantara, Pelatih Kepala PSS Sleman. Foto: Sodik

SLEMAN – Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantara, dipaksa berpikir keras. Ia tidak memiliki banyak pilihan pemain yang akan diturunkan saat tim berjuluk Super Elang Jawa menjamu PSBS Biak di Stadion Maguwoharjo, Senin (10/9/2018).

Tiga pemain mengalami cedera plus satu pemain lain yang belum bisa dipastikan bisa bermain. Padahal, Super Elang Jawa membutuhkan tiga poin demi menjaga posisi di puncak klasemen Grup Timur. Posisi PSS belum aman karena hanya menang head to head dari Madura FC di urutan dua klasemen.

Seto mengakui timnya dalam kondisi sulit. Cedera pemain membuat pilihannya dalam menyusun starting XI menjadi sangat terbatas. Kemenangan besar 5-1 atas Persegres Gresik United pun seolah tidak memiliki banyak arti.

“Kami tetap harus waspada. PSBS Biak berhasil menahan imbang PSIM di laga terakhirnya, sementara PSS kalah di sana,” ucap Seto, Minggu (9/9/2018).

Eks pelatih PSIM Yogyakarta itu mengungkapkan, meski dihadapkan pada pilihan pemain yang sangat terbatas, namun ia memastikan tim bakal tetap fight demi mengejar kemenangan. Kini, ia hanya tinggal berharap anak asuhnya bisa bermain lebih lepas, lebih agresif, dan lebih kreatif.

“Pemain yang ada sekarang kondisinya lebih bugar, lebih enjoy, mudah-mudahan besok bisa bermain tanpa beban. Kami tetap optimistis bisa mengamankan tiga poin,” terangnya.

Disinggung terkait lawan, Seto memastikan tidak akan mudah ditaklukkan terutama setelah berhasil menahan imbang PSIM Yogyakarta di Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul. PSBS juga dimungkinkan menerapkan permainan dengan skema compact defense.

“PSBS punya permainan yang cukup lugas, itu ciri khas mereka. Mungkin juga besok memainkan compact defense. Kami harus antisipasi semuanya dengan stok pemain yang ada,” terangnya.

Agar bisa meredam permainan tim asal Biak Numfor itu, Seto secara khusus menginstruksikan anak asuhnya untuk tidak terlalu lama memainkan bola. Ia ingin bola mengalir dari kaki ke kaki dengan cepat. Ia percaya dengan cara itu, permainan lugas PSBS bica diimbangi Super Elang Jawa.

PSS Sleman saat ini memimpin klasemen Grup Timur dengan koleksi 28 poin hasil dari 14 laga. PSS mengemas sembilan kemenangan, sekali seri dan empat kali kalah.

Baca Juga
Lihat juga...