Polsek Kalideres Buru Penyebar ‘Hoax’ Terkait Kasus Narkoba

Editor: Koko Triarko

279
Kapolsek Kalideres, Kompol Pius Ponggeng.  –Foto: Lina Fitria
JAKARTA – Kapolsek Kalideres Polres Metro, Jakarta Barat, Komisaris Polisi Pius Ponggeng, menegaskan akan memburu pelaku penyebar berita palsu atau hoax dalam pesan berantai yang menyebutkan polisi meminta uang tebusan untuk membebaskan tersangka dalam penangkapan kasus narkoba.
“Itu berita hoax, tapi kami tetap akan bongkar siapa. Ini merugikan karena mayarakat dikecohkan oleh pesan ini,” ujar Kompol Pius, di Jakarta, Kamis (13/9/2018).
Pius mengatakan, pesan berantai yang dikirimkan melalui aplikasi perpesanan Whatsapp telah merugikan pihaknya.
“Berita yang kemarin benar-benar hoax. Itu merugikan kami semua, karena ditujukan ke Polsek Kalideres,” tegasnya.
Berita dalam pesan berantai Whatsapp berisikan tudingan, bahwa Polsek Kalideres telah minta uang tebusan ke pelaku narkotika bernisial A, sebesar Rp300 juta dalam penangkapannya di Mall Daan Mogot, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, pada Kamis (6/9).
“Kebetulan peristiwa (penangkapan) itu pas waktunya dengan penangkapan kami. Pada saat yang sama mengatakan, ada penangkapan di tempat kejadian perkara yang sama sesuai dengan isi berita (yang disebarkan di Whatsapp) itu,” ungkap dia.
Pius menegaskan, penangkapan pelaku oleh pihaknya tidak ada hubungannya sama sekali terkait isi pesan berantai.
Pius juga mengaku kaget saat mendengar informasi tersebut. Dia menegaskan, saat penangkapan  tersangka memang tengah mengkonsumsi sabu. “Sekali lagi itu tidak benar. Memang saat itu, anggota menangkap A tengah mengkonsumsi narkoba,” jelasnya.
Kemudian, ujar Pius, kasus ini telah disampaikan ke Polres Metro Jakarta Barat dan Polda Metro Jaya, untuk memastikan tidak adanya pengurasan seperti pesan WhatsApp tersebut.
“Atas beredarnya pesan singkat itu kita sudah sampaikan juga ke Polda Metro Jaya,” katanya.
Sementara itu di lokasi yang sama, tersangka A juga menyatakan tidak pernah menyampaikan itu (hoax). “Tidak benar, Pak,” ucapnya.
Baca Juga
Lihat juga...