Posdaya Jaga Kesehatan Lansia Lewat Posyandu

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

149

PADANG — Menjaga kesehatan masyarakat yang sudah lanjut usia agar tetap terjaga, menjadi salah satu tujuan dari keberadaan Posyandu Lansia di wilayah Pos Pemerdayaan Keluarga (Posdaya) Hidayah yang terletak di RT 3 / RW 2, Kelurahan Sawahan Timur, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat.

“Keberadaan Posyandu cukup memudahkan lansia untuk mendapatkan layanan kesehatan. Apalagi kondisi fisik yang tidak memungkinkan untuk menempuh perjalanan jauh,” sebut Ketua Posdaya Hidayah Ningsih di Padang, Kamis (27/9/2018).

Diterangkan, Posyandu Lansia merupakan salah satu peran dari Posdaya untuk menjalankan pilar kesehatan yang merupakan salah satu dari empat pilar yang menjadi pedoman untuk membantu masyarakat, terutama bagi yang kurang mampu.

Selain membantu dalam permasalahan jarak, Posdaya bersama pihak Puskesmas bekerjasama untuk mendirikan sebuah Posyandu Lansia. Salah satu bentuknya dengan menugaskan petugas para medis untuk memberikan layanan kesehatan.

“Posyandu Lansia Kereta Senja ini dibantu dua petugas medis dari Puskesmas. Layanan kesehatan dilakukan satu kali dalam sebulan, yakni setiap minggu ke empat. Ada sekira puluhan yang kita layani secara gratis,” katanya.

Layanan kesehatan yang diberikan mulai dari cek tensi darah, kadar gula hingga timbang berat badan.

Untuk mendapatkan layanan, Posyandu Kereta Senja menerapkan antrean tertib. Hal ini pun membuat suasana menjadi lebih tenang dan meriah lewat obrolan para lansia sekaligus momen.

Setiap para lansia yang datang, selalu ditemani oleh pihak keluarga, mereka merupakan masyarakat sekitar yang berada di Kelurahan Sawahan Timur. Jam layanan dimulai pukul 09.00 Wib hingga pukul 11.00 Wib.

“Jadi nantinya setelah ada cek kesehatan, akan diketahui kondisi kesehatan para lansia. Lalu juga akan ada obat yang dikasih oleh petugas medis, sesuai dengan kebutuhan,” jelasnya.

Ketua Posdaya Hidayah Ningsih/Foto: M. Noli Hendra

Ningsih menyebutkan, untuk Posyandu Lansia sendiri sudah jalan selama tiga tahun. Keberadaannya merupakan kepedulian terhadap lansia yang butuh layanan kesehatan.

“Selama ini untuk mendapatkan layanan kesehatan harus datang jauh ke Puskesmas. Yang namanya lansia, perlu dilakukannya cek kesehatan secara rutin dan kondisi itu membuat kami di Posdaya bergerak untuk mendirikan Posyandu Lansia,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang nenek yang bernama Ririn mengaku sangat terbantu adanya kegiatan yang dilaksanakan di dekat rumahnya, karena tidak perlu menempuh perjalanan yang jauh. 

“Kami ini sudah tua-tua, mau kemana-mana, rasanya fisik ini sudah tidak kuat lagi. Kalau ada layanan kesehatan yang dekat, maka sangat membantu,” sebutnya.

Selain itu, Ketua RT 3 / RW 2 Nurmen mengatakan selaku orang yang dipilih untuk memimpin sebuah kawasan RT, sangat mendukung adanya kegiatan Posyandu Lansia.

“Karena memang, akses untuk layanan kesehatan ke Puskesmas di Sawahan Timur terbilang agak jauh, maka dari itu keberadaan Posyandu Lansia sangat membantu,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...