Potensi Pariwisata Balikpapan Perlu Diperkuat

Editor: Mahadeva WS

203

BALIKPAPAN – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Balikpapan mencatat, sektor pariwisata di Kawasan Timur Indonesia (KTI) potensinya cukup besar. Kontribusi sektor pariwisata terhadap perekonomian, mencapai 6,42 persen di 2017 lalu.

Adapun sumbangan devisa pariwisata KTI di 2017 tercatat sebesar 6,6 miliar Dolar Amerika Serikat (AS). Nilainya meningkat 15,17 persen secara tahunan, apabila dibandingkan dengan kondisi di 2016. Kontribusi tersebut disumbang oleh Bali yang menjadi penopang utama perekonomian.

“Kalimantan juga memiliki potensi wisata yang unik dan berbeda. Karakteristik hutan hujan tropis dengan berbagai varietas flora dan fauna sesuai untuk wisata edukasi dan adventure memiliki potensi yang sangat besar untuk menggali pariwisata,” tutur Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Suharman Tabrani, disela diseminasi dan diskusi publik dengan tema Mendorong Sektor Pariwisata Kota Balikpapan Sebagai City Of Borneo, Rabu (5/9/2018).

Untuk wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, juga dikenal memiliki berbagai Daerah Tujuan Ekowisata (DTE) yang potensial. “Kalau untuk Sulawesi, Maluku dan Papua, potensi pariwisata kekayaan bawah laut dan peninggalan purbakala dan aspek budaya seperti Morotai, Wakatobi, dan Tanatoraja menjadi potensi wisatanya,” paparnya.

Beberapa taman nasional dan taman konservasi eksisting seperti, Taman Wisata Baning, Taman konservasi Mangrove, Taman Nasional Kutai, dapat dikembangkan untuk kegiatan wisata. “Kita perlu penguatan destinasi wisata lokal. Segala sesuatu yang bisa mendongkrak pariwisata juga perlu dioptimalkan,” jelasnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi perlambatan ekonomi di Kalimantan Timur yang sangat mengandalkan sektor industri tambang batubara dan perkebunan kelapa sawit. “Perlu ada sektor tertentu yang terakselerasi dengan baik, tidak boleh lagi tergantung pada satu atau dua sektor yaitu pertambangan dan perkebunan kelapa sawit,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...