Prioritaskan Kesehatan Bumil, Cegah Kematian Ibu dan Neonatal

888
Ilustrasi -Dok: CDN
PALEMBANG – Dinas Kesehatan Sumatra Selatan, akan memprioritaskan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil dan balita di daerah tersebut.
“Pelayanan kesehatan yang utama itu, karena ibu hamil termasuk balita sebagai generasi penerus bangsa,” kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Selatan, Ferry Fahrizal, di Palembang, Jumat (14/9/2018).
Ia menjelaskan, pelayanan kesehatan itu sesuai standar pelayanan minimal (SPM) bidang kesehatan, antara lain setiap ibu hamil, ibu bersalin, bayi, dan balita mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar.
Ia menjelaskan, melalui perawatan dan pelayanan kesehatan yang sesuai standar dimulai sejak prahamil, hamil, dan nifas, maka akan dapat mencegah kematian ibu dan neonatal.
Sehubungan dengan itu, pihaknya beberapa waktu lalu melakukan rapat koordinasi dalam meningkatakan pelayanan kesehatan terhadap ibu hamil dan balita.
Dia mengharapkan, melalui rapat koordinasi itu terbangun kesamaan persepsi dan pemahaman dari organisasi profesi maupun semua pihak, mengenai pentingnya peran berbagai pihak terkait dalam penanganan masalah kematian ibu dan bayi, serta penanggulangan kekerdilan.
Kematian ibu dan bayi, kata dia, disebabkan multifaktor yang merupakan hasil interaksi berbagai aspek, baik klinis maupun nonkesehatan lainnya.
Dia mengatakan, pelayanan secara optimal tersebut memang penting, terutama untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan yang dihadapi dalam masyarakat.
Dia mengharapkan, dengan pelayanan kesehatan yang baik, sumber daya manusia generasi penerus akan makin berkualitas.
Rapat koordinasi dihadiri peserta dari 17 kabupaten dan kota, antara lain kepala bidang, kepala seksi kesehatan, Ketua PC IBI, Direktur RSUD, dan unsur terkait lainnya. (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...