PSIM Pecundangi Persiba, Bona Beberkan Kuncinya

Editor: Makmun Hidayat

248
Bona Simanjuntak, Pelatih Kepala PSIM Yogya - Foto: Sodik

BALIKPAPAN – PSIM Yogyakarta meraih hasil positif saat bertandang ke Stadion Batakan, homebase Persiba Balikpapan, Sabtu (15/9/2018).

Laskar Mataram, julukan PSIM, berhasil mempermalukan tuan rumah setelah mengemas kemenangan penting 2-1.

Skuad asuhan Bona Elisa Simanjuntak sempat tertinggal pada menit 41 melalui sundulan kepala Beni Oktovianto. Memanfaatkan bola hasil sepak pojok, Beni meneruskannya dengan sundulan kepala yang gagal dihalau Ivan Febrianto.

Supriyadi membuat skor imbang 1-1 setelah sepak pojoknya gagal dibendung kiper Persiba. Menit 75, Ismail Haris membuat Laskar Mataram berbalik unggul setelah berhasil memanfatkan kesalahan barisan pertahanan tim Beruang Madu.

Pada menit 87, tuan rumah mendapat hadiah penalti. Tapi, Rosi Noprihanis yang menjadi eksekutor gagal menuntaskan misinya dengan baik. Bola membentur tiang gawang.

Bona Simanjuntak mengungkapkan, semangat juang luar biasa yang ditunjukkan anak asuhnya menjadi salah satu kunci kemenangan atas tim Beruang Madu. Terlebih, Arga Permana dan kawan-kawan harus bermain dengan 10 orang sejak menit 55 dan dalam keadaan tertinggal satu gol.

“Semua ini karena keinginan dan motivasi pemain yang sangat kuat. Apalagi, di awal putaran kedua kami juga banyak kehilangan poin. Pemain berjuang sekuat tenaga untuk PSIM dan segera menjauh dari zona degradasi,” ujar Bona.

Meski begitu, Bona mengaku jika anak asuhnya sedikit kehilangan kepercayaan diri, terutama di babak pertama. Akibatnya penampilan yang mereka peragakan menjadi monoton. Beruntung, kebangkitan itu muncul di babak kedua dan menampilkan permainan PSIM yang sesungguhnya.

“Babak pertama, anak-anak kurang percaya diri, tidak ada improvisasi. Jadi, bola hanya mampu direct dari belakang ke depan. Di babak kedua, motivasi mereka terlecut karena ketinggalan satu gol, kami juga terus beri mereka motivasi. Akhirnya , anak-anak bangkit dan menang,” imbuh Bona.

Kemenangan atas Persiba Balikpapan mengokohkan dominasi Laskar Mataramatas tim Beruang Madu pada musim ini. Pada pertemuan di putaran pertama yang digelar di Stadion Sultan Agung Bantul 15 Mei lalu, PSIM juga berhasil mengemas kemenangan penting.

Saat itu, Persiba masih ditangani Wanderley Junior yang kemudian mundur setelah gawang tim Beruang Madu digelontor empat gol oleh saudara muda PSIM, yakni PSS Sleman.

Baca Juga
Lihat juga...