Rejang Lebong Terima Bantuan Pendirian Bank Sampah

174
Ilustrasi bank sampah - Foto Dokumentasi CDN

REJANG LEBONG – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, di 2018 ini mendapat bantuan dari pemerintah pusat, guna mendirikan bank sampah.

Kepala Unit Pengelola Tekhnis (UPT) Kebersihan DLH Rejang Lebong, Budi Aprian mengatakan, bank sampah yang akan dibangun tersebut berada di Desa Tasik Malaya, Kecamatan Curup Utara. Pendiriannya dengan menggunakan pembiayaan sepenuhnya dari APBN. “Pola sama dengan bank sampah yang ada di wilayah Jawa, warga setiap harinya akan menyetorkan sampah yang sudah dipilah-pilah dan sudah dibersihkan. Kalangan warga ini nantinya akan mendapat saldo dari sampah yang mereka setor setiap hari,” jelasnya, Rabu (12/9/2018).

Saldo dari sampah nonorganik yang disetor warga, masih akan dipelajari dan belum diputuskan, apakah nantinya akan ditukarkan dengan bahan pokok atau untuk pembayaran rekening listrik maupun diberikan dalam bentuk uang tunai. Jika bank sampah sudah berdiri, pemerintah daerah akan membuat peraturan bupati (perbup) pengelolaan bank sampah.

Keberadaan bank tersebut, akan mendukung keberadaan rumah kompos yang sudah ada di Desa Tasikmalaya. Sarana tersebut sudah menghasilkan pupuk organik yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan taman oleh UPT Pertaman DLH setempat.

Selain akan menerima bantuan pendirian bank sampah, DLH Rejang Lebong, juga akan mendapat bantuan pendirian tempat pembuangan sampah sementara (TPS) 3R yakni reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali) dan recycle (mendaur ulang) di Desa Karang Jaya, Kecamatan Selupu Rejang. “Kalau TPS 3R di Desa Karang Jaya ini akan dibangun dengan pembiayaan dari Kementerian PUPR, disana juga akan ada peralatan mesin pencacah sampah organik, alat pengering dan sepeda motor roda tiga,” pungkasnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...