Ribuan Umat Katolik Hadiri Tahbisan Uskup Maumere

Editor: Satmoko Budi Santoso

325

MAUMERE – Ribuan umat Katolik baik yang ada di Kabupaten Sikka maupun kabupaten lainnya di pulau Flores sejak pukul 12.00 WITA mulai membanjiri lapangan umum Gelora Samador Maumere untuk menghadiri tahbisan Uskup Maumere Mgr. Edwaldus Martinus Sedu yang berlangsung pukul 15.00 WITA.

“Upacara tahbisan Uskup ini akan dihadiri sekitar 500 imam, 36 uskup dari seluruh Indonesia dan puluhan ribu umat Katolik Keuskupan Maumere serta lainnya. Perayaan dipusatkan di Gelora Samador, kota Maumere,” sebut Sekretaris Uskup Maumere, Romo Ephivanus Markus Nale Rimo, Rabu (26/9/2018).

Liturgi pembukaan perayaan Ekaristi, menurut Romo Ephi, dijadwalkan dimulai tepat pukul 16.00 WITA dan sejam sebelumnya konselebran imam yang diperkirakan lebih dari 500 orang, akan berarak dari Mapolres Sikka menuju Gelora Samador yang menjadi tempat upacara pentahbisan.

“Uskup Mgr. Edwaldus Martinus Sedu bersama Duta Besar Vatikan dan 27 uskup se-Indonesia akan bergabung bersama rombongan imam di depan kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Sikka,” terangnya.

Romo Ephivanus Markus Nale Rimo .Foto : Ebed de Rosary

Perarakan puluhan uskup dan ratusan imam tersebut, tambah Romo Ephi, diiringi dengan tarian Ja’I asal Ngada yang akan dibawakan oleh kelompok keluarga besar Ngada di kota Maumere yang juga akan melantunkan Sanga Za, sapaan adat dari kabupaten Ngada.

“Para konselebran akan diterima dengan Tarian Papak di depan Pintu Gerbang Gelora Samador da Cunha Maumere oleh penari Papak dari Lingkungan Maria Gunung Karmel Paroki Misir kota Maumere,” bebernya.

Sementara itu, koordinator seksi liturgi, RD. Fidelis Dua, mengatakan, nyanyian saat perayaan misa tahbisan akan dibawakan koor gabungan dari sembilan paroki yakni Paroki St. Thomas Morus, Katedral St. Yoseph, Paroki Misir, Nangahure, Wairpelit, Nele, Habi, Bolawolon, dan Kewapante.

“Jumlah seluruh anggota koor sebanyak 750 orang menyanyikan 26 lagu. Sebagian lagu sudah diperkenalkan pada perayaan misa Minggu (23/9/2018),” ungkapnya.

Fidelis menyebutkan, selain umat dari setiap aproki, anggota koor juga berasal dari para frater Ritapiret, Ledalero dan Biara Karmel. Koor ini akan diiringi musik dari para Frater Ledalero didampingi oleh RP. Yosef Kusi, SVD dan RP. Yustinus Genohon, SVD.

“Selain itu juga dilantunkan nyanyian dengan iringan musik Sikka untuk lagu-lagu rohani dari Sikka dan juga lagu rohani berbahasa Ngada yang merupakan daerah asal Mgr. Edwaldus Martinus Sedu,” terangnya.

Disaksikan Cendana News, selain duta besar Vatikan untuk Indonesia, hadir juga para Uskup se-Indonesia, gubernur dan wakil gubernur NTT, para bupati se-daratan Flores, ratusan imam serta ribuan umat Katolik di kabupaten Sikka dan kabupaten tetangga lainnya.

Baca Juga
Lihat juga...