Ruko Bandar, Wisata Pantai di Tengah Kota Balikpapan

Editor: Koko Triarko

149
BALIKPAPAN – Kota Balikpapan di Provinsi Kalimantan Timur, merupakan salah satu daerah yang kaya wisata pantai. Tak  lain karena kota ini berbatasan langsung dengan Selat Makassar. Garis pantainya membentang dari kawasan barat kota hingga timur, sepanjang hampir 46 kilometer.
Dengan posisi yang strategis itu, perusahaan minyak asal Belanda, Bataafsche Petroleum Maatschappij (BPM), menjadikan pesisir sebagai beranda. Ini terlihat dari rumah-rumah tua di komplek BPM -saat ini perumahan PT Pertamina-, yang menghadap pantai. BPM dan Kota Balikpapan memang punya sejarah yang tak bisa dilepaskan.
Salah satu lokasi wisata pantai yang legendaris adalah kawasan Bandar. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai kawasan Ruko Bandar. Dikenal demikian, karena kawasan ini memang berupa rumah toko. Berada di pusat kota dan tepi pantai. Kawasan ini ‘hidup’ dari siang hingga dinihari. Namun, mulai lebih semarak pada saat senja.
Biasanya, pengunjung datang untuk menikmati angin laut. Juga menyaksikan matahari terbenam, yang diiringi gemerlap lampu kapal tanker yang berlabuh di teluk kota ini.
Tempat ini menyajikan berbagai kuliner. Dari jajanan khas Indonesia, hingga makanan ala western dan oriental. Dari kafe-kafe kakilima, sampai restoran mewah. Yang paling terkenal adalah restoran Ocean’s Resto.
Rumah makan ini menyajikan hidangan laut. Biasanya wisawatan berkantong tebal yang makan di sini. Tripadvisor, situs pemeringkat wisata yang terkenal itu, menyematkan label rating 4, 5 dari 5 bintang. Bagi pengunjung yang berkantong pas-pasan tak perlu takut. Ada banyak kafe yang menyediakan menu enak dengan harga bersahabat.
Pada malam Minggu, kawasan ini bertambah ramai. Ada nonton bareng. Dari sepak bola sampai Moto GP. Supaya pengunjung puas menyaksikan pertandingan, kafe itu menyediakan layar besar. Kawasan ini pun menjadi ramai sorak sorai para pendukung.
Bagi yang tak gemar olah raga, bisa menikmati suara biduan. Di bagian ujung, Warung Ijoe menyiapkan grup akustik. Boleh request lagu. Bahkan, menyanyi dengan iringan band. Dari dulu hingga saat ini, kawasan Bandar, atau Ruko Bandar, selalu ramai pengunjung.
Eko, salah seorang pengunjung, mengungkapkan, suasana pantai ditemani musik membuat kenikmatan sendiri bagi pengunjung. Apalagi, di sepanjang Ruko Bandar ini juga ada restoran makanan yang menambah pengunjung mampu bertahan lama.
“Kalau ke Balikpapan, tak lupa saya singgah ke Ruko Bandar. Karena banyak pengunjung yang datang menikmati malam dan makan maupun minum yang disediakan di warung makanan,” katanya, sembari menikmati suasana angin laut, Minggu (30/9/2018).
Dia berharap, suasana seperti ini dapat terus dipertahankan, karena pengunjung, khususnya wisatawan menyukai destinasi seperti ini.
Baca Juga
Lihat juga...