Sakit, 4 Jemaah Haji Batam Masih Tertinggal di Makkah

Editor: Mahadeva WS

199

BATAM –  Hingga Rabu (26/9/2018), 11.823 orang jemaah haji dari embarkasi Batam, sudah kembali ke tanah air. Tercatat masih empat orang jemaah haji yang masih tertinggal di tanah suci.

Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Kota Batam, Erizal Abdullah mengatakan, empat orang jemaah tersebut tertinggal di tanah suci karena sakit. “Semuanya telah kembali kedaerah masing-masing,” ungkapnya, Rabu (26/9/2018).

Jemaah embarkasi Batam, diberangkatkan secara bertahap dengan 27 Kelompok Terbang (kloter), dan kloter 27 sudah sampai di Kota Batam, Selasa (25/9/2018) malam. Seluruh jemaah di kloter terakhir pulang dalam keadaan sehat. Embarkasi Batam memberangkatkan jemaah yang berasal dari Provinsi Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Jambi dan Riau.

Meski saat ini dalam kondisi sehat, Erizal menyebut, jemaah yang setelah kembali ke tanah air, jika merasakan sakit atau demam panas, diharapkan segera memeriksakan diri ke dokter. “Setelah pulang nanti kalau ada merasa kurang enak badan segera periksa ke dokter, kita takut terkena virus atau penyakit,” pesan Erizal kepada jemaah Kloter 27 Batam.

Pada acara penyambutan kedatangan kloter 27, hadir Walikota Batam Muhammad Rudi. Senada dengan Erizal, Rudi juga meminta jemaah haji yang sudah kembali ke tanah air, jika sakit langsung memeriksakan diri. Rudi menyebut, akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat, untuk memberikan pelayanan khusus kepada jemaah haji yang mengalami demam. “Kita berharap semuanya sehat walafiat, tetapi antisipasi perlu kita lakukan,” tandasnya.

Kloter 27 embarkasi Batam terdiri dari 376 orang jemaah haji. Mereka berasal dari Tanjungpinang dua orang dan selebihnya merupakan warga Batam.

Baca Juga
Lihat juga...