Satlantas Jombang Pasang Detektor Pencegah Calo SIM

Editor: Mahadeva WS

158

JOMBANG – Satuan Lalulintas Polres Jombang, menerapkan one gate system,  untuk pelayanan permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM). Satu inovasi yang diterapkan dalam program tersebut adalah, penggunaan kartu khusus untuk membuka pintu masuk ruang pelayanan SIM.


Kasatlantas Polres Jombang, AKP Inggal Widya Perdana – Foto: Kusbandono

Kasatlantas Polres Jombang, AKP Inggal Widya Perdana mengatakan, sistem pelayanan satu pintu diterapkan, untuk memudahkan alur pengurusan SIM. Termasuk untuk mengantisipasi keberadaan calo yang berkeliaran di kantor Satlantas Polres Jombang. “Pelayanan terhadap pemohon SIM lebih terarah, memudahkan, dan tidak berjubel pada saat pengurusan,” ujar Inggal, Kamis (13/9/2018).

Pemohon akan langsung diarahkan oleh petugas mengikuti mekanisme pengurusan SIM. Mulai dari kelengkapan berkas, pengisian berkas serta pembayaran penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Pelayanan satu pintu yang diterapkan diyakini mampu mencegah praktek calo, karena di pintu utama dijaga ketat petugas yang melibatkan personel provost.

Pemohon SIM yang telah membawa dokumen persyaratan, diberi kartu khusus untuk membuka pintu masuk ruang pelayanan. Pintu hanya bisa dibuka dengan cara menempelkan kartu pada alat detektor yang disediakan. Hal itu diyakini, membuat calo tidak bisa menembus masuk ruang pelayanan SIM. “Yang bisa masuk adalah mereka yang memegang Id Card khusus, pengantar atau keluarga pemohon tidak bisa masuk, jadi area keoengurusan benar-benar steril dari calo,” tegas perwira berpangkat tiga balok dipundak tersebut.

Sementara untuk aktivitas ujian teori, dilakukan dengan komputer termasuk sistem penilaiannya. Jika lulus, pemohon akan langsung diarahkan untuk mengikuti ujian praktek. Jika tidak lulus, harus mengulang di lain kesempatan.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.