Sejahterakan Warga Maspul dengan 1000 Jamban

307
Ilustrasi - Proses pengerjaan jamban sehat [Foto: Dok CDN]

SEBATIK – Setelah sukses meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maka ke depan Desa Maspul, Kecamatan Sebatik Tengah, Kabupaten Nunukan, Kaltara, menargetkan 100 persen warganya memiliki jamban pribadi.

Kepala Desa Maspul, Agus Salim di Sebatik, Sabtu, menerangkan rencananya ini sekaitan dengan masih minimnya jamban pribadi yang dimiliki warganya.

Sementara jamban sangat dibutuhkan namun terkendala banyak faktor sehingga pemerintah desa akan membantu membuatkan menggunakan dana desa dari APBN yang diterima setiap tahunnya dari pemerintah pusat.

Agus Salim mengatakan, bantuan pembuatan jamban bagi seluruh rumah tangga di wilayahnya dalam bentuk material berupa kloset, pipa pembuangan dan material seperti pasir dan semen.

Ia mengakui, akhir-akhir ini warga Desa Maspul sebagian masih membuang kotoran pada sembarang tempat. Dampaknya akan mengganggu kesehatan pada masa yang akan datang.

Oleh karena itu, ujarnya, dirinya berinisiatif membuatkan jamban pada setiap rumah dengan membantu material menggunakan dana desa.

Agus Salim mengklaim telah sukses mengangkat perekomonian warganya dengan pendapatan per kapita sebesar Rp1,7 juta per bulan setiap orang.

Faktor ini juga yang sukses menurunkan angka kemiskinan dari 55 kepala keluarga (KK) pada 2015. Terus menurun menjadi 33 KK pada 2016 dan 29 KK pada 2017.

Bahkan dia juga berupaya keras akan menjadi nol KK warga miskin dengan memaksimalkan penggunaan dana desa.

Mata pencaharian masyarakat Desa Maspul adalah bertani dan berkebun. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...