Sekolah Ramah Anak, Cegah Kekerasan Pelajar

Editor: Satmoko Budi Santoso

239

BEKASI – Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzi, meminta pihak sekolah bertindak tegas dengan memberhentikan pelajar dari sekolah jika terjadi tawuran. Hal itu disampaikan menanggapi maraknya tawuran antar pelajar di Kota Patriot. 

“Apa pun yang menyangkut masalah kriminal, pihak sekolah harus tegas dengan memberi sanksi. Apabila perlu di keluarkan harus dilakukan pihak sekolah, karena tawuran sudah menuju arah kriminal,”tegas Ali Fauzi, Kamis (27/9/2018).

Menurutnya, pihak sekolah harus memberi sanksi tegas. Apalagi menyangkut tawuran sudah mengarah pada pribadi. Untuk itu harus penegasan sanksi, agar memberi efek jera.

Ali berharap, soal kekerasan antar pelajar tidak hanya menjadi tanggungjawab sekolah. Tetapi juga oleh seluruh lapisan masyarakat, berupaya mencegah terjadinya tawuran di Kota Bekasi.

“Kalau semua pihak perhatian, dengan melihat ada gerombolan pelajar, langsung dibubarkan. Maka itu salah satu upaya pencegahan. Ini adalah tugas pelaku pendidikan untuk lebih fokus pada penguatan pendidikan karakter,” tegasnya.

Menurutnya, program sekolah ramah anak harus menjadi kebiasaan sehingga kekerasan di sekolah baik secara verbal maupun non-verbal bisa dihindari.

“Saya rasa ini yang harus menjadi perhatian dini, maka guru dan masyarakat harus mendukung program sekolah ramah anak. Sehingga kegiatan anak didik bisa terkendali dan ada dalam pengawasan. Dan ini sudah harus diterapkan,”pungkas Ali.

Untuk diketahui, di Kota Bekasi dua bulan terakhir kerap terjadi tawuran antar pelajar. Tawuran antar pelajar sampai menelan korban jiwa meninggal dunia. Akibatnya terjadi balas dendam dari satu SMK dengan menyerang sekolah lainnya. Namun polisi bergerak cepat dengan menangkap pelaku tawuran.

Terpisah, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengatakan, akan melakukan koordinasi demgan pondok pesantren di Kota Bekasi. Menurutnya, banyak yang bisa dimanfaatkan dalam menggaet program kerja sama dengan pondok pesantren.

 

 

Baca Juga
Lihat juga...