Sepi Pengunjung, Rumah Warna-Warni Teluk Seribu Perlu Inovasi

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

208

BALIKPAPAN — Masyarakat sekitar destinasi Rumah Warna-Warni Teluk Seribu yang berada di Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur keluhkan sepinya pengunjung. 

Ketua RT 03 Manggar Baru, Mukhlis mengatakan, sepi pengunjung mulai dirasakan telah lama, dimana dulunya saat pertama kali dibuka pada 2017 pengunjung yang datang bisa mencapai 4 ribu lebih dalam sehari.

“Saya saja tidak dapat lewat, sepeda motor terpaksa parkir jauh. Tapi sekarang sudah sepi pengunjung, mungkin perlu inovasi lagi agar ramai pengunjung,” ucapnya saat ditemui, Kamis (27/9/2018).

Meski sepi, Mukhlis yang keseharian berjualan kelapa parut di Pasar Manggar ini memuji kesadaran warga untuk menjaga kebersihan.

“Kini warga sudah tidaklagi buang sampah sembarangan sejak tempat ini menjadi destinasi wisata,” celetuknya.

Dia menambahkan, pemerintah berencana mengembangkan destinasi wisata yang telah berusia setahun enam bulan tersebut dengan wisata memancing untuk menarik pengunjung datang.

“Saat ini tengah dibangunkan jembatan untuk wisata memancing. Jalan kayu juga dicor. Kalau sudah selesai, baru diwarnai lagi,” tuturnya.

Hal yang sama juga dirasakan Masmunah (54) yang berjualan aneka makanan dan minuman di teras rumah yang berhadapan langsung dengan tembok mural.

“Kalau ramai, paling pas hari raya aja. Itu juga tidak banyak. Sudah lama sepi, semoga ada inovasi baru yang bisa mendatangkan wisatawan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kepariwisataan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, Irma Nurmayanti menjelaskan, rencananya rumah warna warni yang telah memudar akan dicat ulang dan ditambah fasilitas penunjang lain, seperti restoran terapung dan perahu layar untuk spot foto bagi pengunjung.

“Restoran terapung nanti jadi pusat kuliner khas daerah. Warga sekitar juga akan terus dibina agar sadar wisata. Yang pasti, ada keterlibatan perusahaan melalui bantuan CSR,” tandasnya.

Selain itu, melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, kini pembangunan paving block yang dilengkapi yellow guide untuk penyandang disabilitas tengah dikerjakan.

Baca Juga
Lihat juga...