Serunya Berlibur di Pasar Malam Kota Denpasar

Editor: Makmun Hidayat

137

DENPASAR — Di era modernisasi dan banyak tempat hiburan, keberadaan pasar malam di Kota Denpasar ternyata masih menjadi primadona bagi sebagian masyarakat. Pasar rakyat ini seolah menjadi tempat hiburan alternatif bagi mereka yang sejenak untuk menghabiskan rasa suntuk setelah seharian bekerja.

Pasar malam ini sendiri terdapat berbagai macam hiburan layaknya pasar malam. Dimana dari tempat main anak-anak seperti komedi putar, bianglala, ombak banyu. Selain itu dipasar malam ini juga terdapat berbagai permainan yang menguji ketangkasan misalnya, lempar gelar, lempar anak panah dan berbagai jenis permainan lainnya.

Dalam permainan tersebut ada peraturannya, dimana setiap pemain akan mendapatkan hadiah jika berhasil dalam permainan tersebut. Hadiahnya juga standar seperti misalnya boneka, piring, payung, dan masih banyak lagi.

Tak hanya hiburan itu, di pasar malam ini biasanya juga ada panggung hiburan berupa musik dangdut. Muhammad Jusuf selaku Marketing Hiburan Rakyat mengatakan, biasanya musik dangdut tersebut mendatangkan artis profesional baik lokal maupun dari luar Bali.

“Jika hari biasa kami mendatangkan artis dangdut dari seputaran Denpasar ini. Tapi jika di malam tertentu misalnya malam Minggu biasanya kami datangkan artis dangdut terkenal dari luar Bali seperti dari Banyuwangi dan Surabaya,” kata Muhammad Jusuf saya ditemui, Sabtu (15/9/2018) malam.

Muhammad Jusuf selaku Marketing Hiburan Rakyat – Foto: Sultan Anshori

Menurut pria yang akrab disapa Jusuf, pasar malam yang ia kelola ini sudah berjalan kurang lebih sudah berjalan tahunan. Selain itu, pasar malam ini juga tidak menetap di satu tempat saja, melainkan berpindah dari suatu tempat ke tempat lainnya. Dengan memanfaatkan ruang atau lapangan kosong di beberapa tempat di Kota Denpasar.

Rata-rata masa buka mencapai 25 hari dan beroperasi dari jam 6 sore hingga 10 malam. “Kami tidak menetap di suatu tempat, kami pindah-pindah. Selama 24 hari terakhir kami disini di lapangan Jalan Mahedradata Denpasar Barat, besok terakhir kami akan pindah ke lapangan di Jalan Sesetan Denpasar Selatan. Tujuannya ya ingin memberikan hiburan kepada masyarakat di Bali khususnya di Kota Denpasar. Karena hiburan rakyat semacam ini bisa dibilang sudah tidak ada lagi,” imbuh Jusuf.

Menurutnya lagi, jika di hari biasa kunjungan masyarakat ke pasar malam ini rata-rata mulai dari 200 hingga 400 orang. Namun ketika hari malam hari libur kunjungan bisa mencapai 3.000 orang.

“Untuk bisa mengunjungi pasar malam ini setiap orang akan dikenakan biaya masuk sebesar 10 ribu,” tegas pria asal Banyuwangi ini.

Tak hanya menyuguhkan berbagai macam hiburan dan permainan. Di pasar malam ini juga ada aktivitas perekonomian yang membantu para pedagang kecil. Karena kata Jusuf disediakan puluhan stand Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menjual berbagai macam kebutuhan seperti baju, alat dapur, sepatu dan barang lainnya.

Seperti yang dikemukakan oleh Firman, salah seorang padang alat-alat kebutuhan rumah ini mengatakan, dengan adanya stand penjual UKM ini sangat membantu dirinya sebagai pedagang kecil. Ia mengaku sudah lebih dari 20 tahun berjualan di pasar malam.

“Awalnya saya ikut paman saya berjualan Seperti ini di pasar malam di berbagai kota di Jawa Timur. Setelah saya menemukan lapak jualan di sini saya mulai ikut membuka sendiri di pasar malam di Kota Denpasar ini,” kata pria asal Surabaya ini.

Dia menambahkan, kalau soal harga jual produk yang dimilikinya harganya bisa di bawah harga jual toko kebanyakan. Karena barang yang ia jual langsung ia beli dari distributor.

Ia mengaku omzet penjualan naik dikala banyak masyarakat yang datang ke pasar malam ini. Hanya saja, berjualan di pasar malam ini sedikit capek karena harus berpindah-pindah mengikuti jadwal tempat pasar malam tersebut.

“Nah kalau yang di jual di toko-toko itu kan harga agak mahal karena mereka harus menyewa ruko dan membayar karyawan. Disini kami tidak jual sendiri dan jaga sendiri. Makanya lebih murah,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.