Siswi Smater Maumere Lolos Seleksi Parlemen Remaja Nasional

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

239

MAUMERE — Siswa-siswi SMAK Frateran (Smater) Maumere kembali mengukir prestasi lolos seleksi parlemen remaja nasional tahun 2018 dan akan mengikuti berbagai kegiatan yang akan berlangsung di Jakarta bersama 123 remaja lainnya dari seluruh Indonesia.

“Saya merasa sangat bangga karena bisa lolos seleksi Parlemen Remaja Tingkat Nasional,” kata Paula Theresia Putri Jeremi Silewe, siswi Smater Maumere, Kamis (6/9/2018).

Dikatakan Thesa, sapaannya, dirinya lolos seleksi ke Parlemen Remaja Tingkat Nasional 2018 melalui Dapil NTT I dan akan mengikuti aneka kegiatan di tingkat nasional yang berlangsung di wisma DPR RI di Cisarua dan gedung DPR RI Jakarta pada tangga 17 hingga 23 September 2018.

“Sebelum dinyatakan lolos, saya mengikuti semua tahapan seleksi termasuk menulis esai sesuai tema yang diberikan panitia dan mengirim ke panitia secara online, “ terangnya.

Alumni SMPK Smater Maumere ini mengaku menulis esai dengan judul “Ketika Penggunaan Teknologi Informasi Berjalan dengan Kondusif” dan karyanya ini diapresiasi oleh panitia nasional.

“Sebagai salah satu bentuk apresiasi, esai yang saya hasilkan akan dibukukan bersama tulisan dari 123 peserta Parleman Remaja Nasional lainnya dari seluruh Indonesia,” tuturnya.

Kepala sekolah SMAK Frateran Maumere, Frater M. Polikarpus, BHK (tengah) bersama siswa Smater yang meriah prestasi. Foto : Ebed de Rosary

Selain menulis esai, lanjut Thesa, persyaratan lain yang diserahkan ke panitia yakni curriculum vitae atau daftar riwayat hidup dimana di dalamnya dia mencantumkan juga pernah mengikuti kegiatan Sehari Menjadi Menteri di Jakarta, 2017 lalu.

“Saya juga mencantumkan pernah menjadi anggota paduan suara Gita Smater Choir yang menggondol empat medali emas dalam Ajang Bali International Choir Festival di Bali, dan sejumlah prestasi lainnya,” sebutnya.

Thesa, siswi semester 3 MIPA ini mengaku dirinya telah siap mengikuti aneka kegiatan di Parlemen Remaja Nasional seraya meminta dukungan dan doa dari semua komponen Smater dan warga Sikka.

Kepala sekolah SMAK Frateran Maumere, Frater M. Polikarpus, BHK mengaku bangga dengan pencapaian salah satu anak didiknya itu dimana pihaknya selalu mendorong semua siswa-siswi untuk mengikuti berbagai perlombaan dan kompetisi di berbagai tingkatan baik di kabupaten, provinsi serta nasional.

“Kami juga mendorong siswa-siswi untuk ikut tes ajang pertukaran pelajar ke luar negeri atau beasiswa belajar di luar negeri. Saya sangat bangga dengan pencapaian yang diraihnya. Thesa menjadi Duta Smater dan Duta Sikka di Parlemen Remaja Nasional,” tuturnya.

Menurut Frater Poli, pencapaian yang diraih Thesa, dan duta-duta Smater lainnya, baik yang lolos beasiswa ke Jepang dan Amerika Serikat, maupun prestasi Gita Smater Choir (GSC) yang yang meraih 4 medali emas dalam Ajang Bali International Choir Festival di Bali tahun 2018 tidak terlepas dari semangat moto lembaga pendidikan yang diasuhnya yakni “Smater Merasul, Prestasi Terpatri”.

“Moto kami ‘Smater Merasul, Prestasi Terpatri’ memberi semangat dan motivasi bagi siswa-siswi Smater dan guru untuk selalu berprestasi di tingkat daerah, nasional, dan internasional,” jelasnya.

Baca Juga
Lihat juga...