Sup Kepala Ikan Bumbu Khas Bali yang Maknyus

Editor: Makmun Hidayat

169

DENPASAR — Pulau Bali seolah tidak pernah habis menawarkan kuliner dengan sensasi bumbu racikan khasnya. Jika Anda sedang ke Pulau Bali, salah satu kuliner yang patut dicoba adalah sop kepala ikan.

Di Bali khususnya Kota Denpasar banyak warung makan yang menjual sop ikan ini. Salah satunya terdapat di sentra kuliner di kawasan Pulau Serangan Denpasar Selatan. Di tempat ini wisatawan bisa menemukan kuliner khas Pulau Dewata ini dengan mudah. Salah satunya terdapat di Warung Lemo.

Wayan Lemo, sang pemilik warung mengatakan, bahan baku rempah-rempah yaitu biasanya seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, kencur, cabe rawit, serai, daun jeruk dan daun salam serta bumbu resep keluarga pastinya. Dan semua bahan tersebut ditumis menjadi satu.

“Sementara bahan baku kepala ikan yang digunakan bermacam-macam seperti ikan cakalang, Salmon ikan bawal, Napoleon dan jangki,” ucap Wayan Lemot saat ditemui, Sabtu (15/9/2018).

Wayan Lemo penjual sup kepala ikan khas Bali – Foto: Sultan Anshori

Menurut Wayan Lemo, sebagian ikan tersebut ia peroleh dari para nelayan setempat yang berada di Pulau Serangan. Terkecuali ikan salmon yang harus ekspor. Dan dalam sehari bisa puluhan kepala ikan yang bisa dimasak untuk dijual kepada para wisatawan. Jika harga ikan salmon lagi mahal akibat kurs dolar, maka ia lebih memilih ikan lokal karena tidak kalah enak dengan daging ikan salmon.

Sementara, untuk harga jual semangkuk sup kepala ikan dibandrol seharga Rp20 ribu. Semangkuk sup biasanya berisi dua hingga tiga kepala ikan. Tergantung jenis ikan yang dipilih oleh para pembeli.

“Kebanyakan wisatawan lokal sih. Tapi ada juga wisatawan mancanegara yang mampir ke sini selepas berwisata di serangan spot water,” imbuh Wayan Lemo.

Sup kepala ikan ini, biasanya disajikan dengan menu tambahan yaitu sambal mentah khas Bali. Rasanya akan semakin makyus bagi mereka penyuka makanan yang berkuah.

Sup kepala ikan khas Bali ini sepintas layaknya sup kepala ikan pada umumnya. Akan tetapi, waktu dicoba rasa asem, manis serta gurih begitu sangat terasa. Hal ini dikarenakan karena bumbu Bali yang digunakan. Sup kepala ikan memang cocok di santap menggunakan irisan mentimun.

Heriawan, salah seorang wisatawan asal Surabaya mengatakan, sup kepala ikan khas Bali ini memang beda dengan sup kepala ikan khas dari daerah lain. Rasa rempahnya begitu terasa. “Ya mungkin bumbu Bali itu ya,” kata Heriawan.

Ia mengaku, rutin mengkonsumsi sup ikan jika sedang berlibur ke Bali. Selain karena murah mengkonsumsi ikan juga baik untuk kesehatan. “Kebetulan suka makan ikan dari kecil,” pungkasnya.

Lihat juga...

Isi komentar yuk