Taman Nusa Gianyar Sajikan Keragaman Budaya Tanah Air

Editor: Koko Triarko

174
GIANYAR – Selain dikenal dengan keindahan pantainya, Bali juga memiliki destinasi wisata budaya. Salah satunya, Taman Nusa yang berada di Jalan Taman Bali, Banjarangkan, Banjar Blahpane Kelod, Desa Sidan, Gianyar. Lokasi ini bisa ditempuh dari pusat kota Denpasar hanya dalam waktu kurang dari dua jam.
General Manager Taman Nusa, I Nyoman Murjana, mengatakan, setiap wisatawan yang berlibur di sini akan dimanjakan dengan berbagai kebudayaan yang lengkap dengan miniatur rumah adatnya. Tak hanya itu, sebelum memasuki kampung budaya, pihaknya akan menyuguhkan parade budaya lengkap dengan berbagai tarian tradisional dari setiap daerah.
“Indonesia ini memang negeri yang amat kaya dengan kebudayaan. Jika Anda ingin mengenalnya satu per satu, praktis butuh waktu yang cukup lama. Namun di Taman Nusa ini, wisatawan hanya butuh dua jam untuk mengenal semua keragaman kebudayaan negara kita,” ucap Nyoman Murjana, saat ditemui, Minggu (30/9/2018).
Wisatawan sedang menikmati hiburan di Balleroom di Taman Nusa Bali. -Foto: Sultan Anshori.
Murjana menambahkan, hampir semua kebudayaan serta rumah adatnya bisa ditemukan di sini. Total ada 38 provinsi di seluruh nusantara terwakili dengan baik. Mulai dari Aceh hingga ke Papua.
Uniknya, tak hanya kampung budaya Nusantara masa kini saja, Taman Nusa juga memperkenalkan Indonesia secara keseluruhan, mulai dari zaman prasejarah, zaman batu, zaman perunggu hingga zaman modern. Di salah satu sudut, juga terdapat gedung atau Ballroom yang menampilkan berbagai macam lukisan dan kain daerah.
“Rata-rata wisatawan yang berkunjung ke sini, kalau wisatawan mancanegara negara lebih banyak Cina. Mereka datangnya berombongan. Kalau tamu domestik hampir rata dari semua daerah,” katanya.
Taman Nusa ini juga akan dikunjungi oleh para delegasi IMF/WB yang akan menggelar rapat di Bali pada 8 Oktober, mendatang. Tercatat sudah sekitar 300 orang yang terkonfirmasi untuk berkunjung ke taman yang memiliki luas sekitar 35 hektare ini.
“Sudah terkonfirmasi untuk berkunjung ke sini. Dan, kami diminta untuk mepersiapkan segala sesuatunya, termasuk keamanannya,” kata Murjana.
General Manager Taman Nusa, I Nyoman Murjana. -Foto: Sultan Anshori.
Selain mengenal ragam budaya Nusantara, di Taman Nusa ini juga disajikan pemandangan alam yang amat indah. Bagi pecinta selfie, ini lokasi yang layak dikunjungi.
Seperti yang dilakukan oleh Sofi, pengunjung asal Surabaya, yang datang berlibur ke Taman Nusa setelah thau dari beberapa media sosial. “Ya, kebetulan pas berlibur ke Bali bersama keluarga, kita sempatkan ke sini. Tempatnya bagus dan informatif banget soal budaya Indonesia,” ucap Sofi.
Ia berharap, destinasi ini terus dikembangkan, agar masyarakat, terutama masyarakat Indonesia, tahu bahwa di Bali juga ada miniatur budaya Nusantara.
Baca Juga
Lihat juga...