Tantangan Nirina Zubir di Film Liam dan Laila

Editor: Makmun Hidayat

786

JAKARTA — Nirina Zubir termasuk artis yang lama malang-melintang dalam dunia perfilman. Ia mulai membintangi film sejak 2003 dengan debut aktingnya dalam film ’30 Hari Mencari Cinta’. Setelah itu banyak film yang dibintanginya: Belahan Jiwa, Mirror, Heart, Get Married.

Kini, Nirina membintangi film terbaru berjudul ‘Liam dan Laila’, yang membuatnya merasa diri ditantang untuk membuktikan diri sebagai orang Minang. Sebuah tantangan tersendiri bagi artis peraih penghargaan Piala Citra untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2006 lewat peran yang gemilang dalam film Heart.

“Saya membintangi film ini yang membuat saya merasa ditantang untuk membuktikan diri sebagai orang awak Minang,” kata Nirina Zubir dalam acara peluncuran trailer film ‘Liam dan Laila’ di Sallo Innyan Kopi, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (12/9/2018).

Putri Zubir Amin, diplomat senior kelahiran Pariaman, Sumatera Barat, itu pun mengaku sempat kurang percaya diri karena diminta berdialog menggunakan bahasa Minang.

“Ada hal yang mesti saya pelajari, meski saya punya darah Minang, tapi saya hanya bisa cengkoknya saja, sedangkan alunannya masih harus belajar,” ungkapnya.

Untuk mendalami perannya dalam film tersebut, perempuan kelahiran Antananarivo, Madagaskar, 12 Maret 1980, itu tentu perlu bantuan ayahnya yang bisa mengajari bahasa Minangkabau.

“Mendapat tawaran main film ini, sinopsisnya saya kasih ke buya (ayah). Terus ditantang sama ayah saya, ‘emang bisa bahasa Minang?’, waduh, cengkoknya tidak mudah ternyata. Walaupun familiar di rumah,” keluhnya.

Ketika mendapatkan naskah yang dialognya dalam bahasa Minang, Nirina mengaku gugup saat mulai mencobanya. “Tapi begitu dikasih full naskah, saya jadi keringetan karena harus pakai hati dan perasaan,” ujarnya.

Menurut Nirina, selama proses shooting berlangsung, ia berusaha menahan canda agar aktingnya lancar. “Saya nahan diri untuk tidak bercanda di lokasi. Lumayan sih. Selama produksi film dan di hotel bener-bener diam,” bebernya.

Dalam film ‘Liam dan Laila’, Nirina berperan sebagai Laila gadis Minangkabau yang jatuh cinta pada pria asal Prancis bernama Liam yang diperankan Jonatan Cerrada, seorang musisi asal Prancis yang menjuarai France Idol pada 2003.

Film produksi Mahakarya Pictures dan Malin Films dengan arahan sutradara Arief Malinmudo ini rencananya akan tayang di bioskop mulai 4 Oktober 2018.

Baca Juga
Lihat juga...