Timnas Baseball-Softball Indonesia Naik Peringkat

Editor: Makmun Hidayat

262

JAKARTA — Ketua Umum Pengurus Besar Perserikatan Baseball-Saftball Seluruh Indonesia (PB Perbasasi), Andika M.Y. Monoarfa, menyebut ada perbaikan torehan peringkat atlet baseball dan saftball kendati belum berhasil meraih medali.

“Ini proses yang cukup panjang. Softball yang tadinya peringkat 7 di Asian Cup. Alhamdulillah kita di Asian Games sudah peringkat 6. Jadi ada perbaikan satu level dalam waktu yang cukup singkat,” ungkap Andika pada malam ramah tamah di rumah Mbak Tutut Soeharto di Menteng, Jakarta, Selasa (4/9/2018) malam.

Dalam kesempatan menyampaikan laporan di hadapan Ketua Dewan PB Perbasasi, Siti Hardiyanti Rukmana atau Mbak Tutut tersebut, Andika menambahkan, begitu juga baseball yang tadinya tidak masuk 10 besar, sekarang sudah peringkat 7 di Asian Games. Jadi paling tidak sudah ada perbaikan peringkat.

Dia juga menyebut keberhasilan PB Perbasasi dan INASGOC menyelenggarakan Asian Games 2018 ternyata mendapat pujian secara resmi dari World Baseball Softball Confederation (WBSC). Mengucapkan terima dan apresiasi setinggi-tingginya buat Indonesia atas penyelenggaraan Asian Games 2018.

“Hampir semua negara kagum dengan kualitas lapangan baseball dan softball di Gelora Bung Karno (GBK). Mereka bilang venue baseball dan softball Indonesia terbaik di Asia. Alhamdulillah presiden baseball-softball dunia, bilang lapangan softball terbaik di dunia hari ini ada di Indonesia,” ujarnya turut bangga.

Menurut Andika, Asian Games 2018 memberi berkah bagi Indonesia karena kemudian dipercaya untuk mengadakan tiga event international. Yakni, jelas dia, tahun 2019, Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah kejuaraan Asia Cup pada April 2019.

Kemudian pada 2020, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah kejuaraan softball dunia U-15 putra dan putri. Dan tahun 2021, Indonesia juga didampuk menjadi tuan rumah Wolrd Cup Softball putra open level.

“Jadi 2021, kejuaraan dunia softball di Indonesia. Dari tadinya kita tidak ada peta, alhamdulillah kita menjadi tuan rumah,” imbuhnya.

Andika juga menyampaikan terimakasih kepada Ketua Dewan PB Perbasasi, Siti Hardiyanti Rukmana atau Mbak Tutut yang telah mengundang atlet baseball dan softball beramah tamah.

“Terima kasih banyak Bude (Mbak Tutut), kita diberikan fasilitas dan diundang hadir di rumah Bude. Ini luar biasa, anak-anak (Atlet) baru lepas diet lagi perbaikan gizi. Terima kasih jamuannya, ” kata Andika.

Mbak Tutut, oleh keluarga PB Perbasasi memang dipanggil Bude, sebagai ungkapan penghormatan atas jasa-jasanya dalam membimbing para atlet baseball dan softball meraih prestasi.

Baca Juga
Lihat juga...