Tingkatkan Kepedulian, Solo Gelar Pameran Hari Perhubungan Nasional

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

189

SOLO — Pemerintah Kota Solo melalui Dinas Perhubungan menyelenggarakan Pameran Hari Perhubungan Nasional, dengan menampilkan sejumlah moda transportasi unggulan yang ada di Solo. Pameran yang berlansung di Halaman Balai Kota ini salah satu upaya meningkatkan minat dan rasa memiliki masyarakat terkait dunia perhubungan.

“Tujuan pemeran Harhubnas ini untuk lebih mengenalkan dunia perhubungan kepada masyarakat,” papar Ketua Panitia Pameran Harhubnas, Taufik Muhammad, Sabtu (22/09/2018).

Menurut Taufik, ada instansi yang ikut menyemarakkan pameran yang baru kali pertama diselenggarakan di Solo tersebut. Mereka berasal dari instasi pemerintah, lembaga pendidikan maupun pihak swasta yang berhubungan dengan perhubungan. Di antaranya PT INKA, PT KAI, Perusahaan Otobus selaku penyedia moda transportasi darat serta sejumlah lembaga pendidikan.

Ketua Panitia Pameran Harhubnas Taufik Muhammad

Setelah masyarakat tahu perusahaan apa saja yang bergerak di bidang perhubungan ada timbul rasa handerbeni (merasa lebih memiliki). Artinya juga bisa menjaga, jangan sampai aksi-aksi vandalisme terjadi.

“Kita ketahui aksi vandalisme sangat meresahkan, baik di sudut jalan, traffic light atau lainnya. Ini sekaligus sebagai wahana sosialsiasi,” urai taufik.

Selain lembaga pendidikan yang bergerak di dunia perhubungan, Dishub Solo juga melibatkan langsung siswa untuk bisa bergabung dalam pameran Harhubnas tersebut.

“Sebenarnya kami juga mengundang Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia dan Sekolah Tinggi Pelayaran, hanya saja keduanya belum memberikan konfirmasi,” lanjut dia.

Kendati baru kali pertama digelar di Solo, pihaknya berharap kegiatan ini akan menjadi event tahunan. Dalam pameran Dishub juga memberikan sosialisasi keselamatan kepada masyarakat yang hadir. “Termasuk juga sosialisasi zona keselamatan sekolah,” imbuhnya.

Selain pameran moda transportasi dan sosialisasi, Dishub Solo juga memberikan pelayanan gratis untuk bisa menjelajah Solo menggunakan Bus Tingkat Werkudara dan yang baru saja dihibahkan. Dua bus tingkat milik Solo ini akan digratiskan untuk masyarakat yang ingin menikmati sejumlah spot di Solo.

“Kami sediakan city tour. Dalam sehari ada tiga shift. Karena sekali shift keliling Solo membutuhkan waktu 2,5 jam,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...