Tingkatkan SDM Masyarakat, Unej Bina 320 Desa di Jatim

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

259

JEMBER — Membantu pengembangan secara langsung, Universitas Jember melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) menggandeng pemerintah Australia, kalangan industri, serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk memberikan pelatihan melalui Sekolah Desa 4.0.

Menurut Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan, Unej memiliki sumber daya manusia berupa dosen dan mahasiswa, kemampuan inovasi melalui penelitian, serta kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang siap diaplikasikan.

“Pembukaan Sekolah Desa 4.0, dan kesediaan membina 320 desa di empat kabupaten merupakan bagian dari komitmen Kampus Tegalboto untuk membantu membangun desa,” sebutnya dalam Pembukaan Sekolah Desa 4.0 yang dihadiri Menristekdikti, M. Nasir di Jember, Kamis (27/9/2018).

Disebutkan juga, pihaknya juga memiliki jaringan kerja sama yang luas dengan berbagai pihak baik dari dalam dan luar negeri dan akan ikut berkontribusi dalam Sekolah Desa 4.0 tersebut.

Ditambahkan Koordinator Pusat Pemberdayaan Masyarakat LP2M Universitas Jember, Hermanto Rahman, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia dari masyarakat. Sekolah Desa 4.0 nantinya akan diikuti kepala desa, perangkat desa, pemuda, dan kader desa.

“Kami harapkan lulusan Sekolah Desa 4.0 akan memiliki kompetensi manajemen tata kelola, manajemen wirausaha, pemetaan potensi, perencanaan, tata pemerintahan, serta penguasaan teknologi Informasi dan Komunikasi yang tepat guna,” kata Hermanto.

Dirincikan, sebanyak 320 Desa Binaan Universitas Jember meliputi 70 desa di Kabupaten Jember, 160 desa di Kabupaten Bondowoso, 40 desa di Kabupaten Situbondo, dan 50 desa di Kabupaten Probolinggo.

Menristekdikti M. Natsir dan Rektor UNEJ Moh. Hasan menyaksikan penandatanganan MoU. Foto: Kusbandono

Sementara itu, Menristekdikti mengatakan, sudah seharusnya perguruan tinggi menghilirkan hasil-hasil inovasi kepada masyarakat luas, termasuk dalam membangun desa.

“Saya mendukung langkah Universitas Jember membuka Sekolah Desa 4.0, dan Desa Binaan pasalnya pemerintah telah menyalurkan dana desa yang cukup besar, yang penggunaannya harus kita kawal bersama,” ujar Nasir.

Harapannya, dengan Sekolah Desa 4.0, dan Desa Binaan Universitas Jember, bakal mampu memperkuat good governance atau tata kelola yang baik di desa yang berlandaskan pada transparansi, kejujuran, bertanggungjawab dan dapat dipertanggungjawabkan

Baca Juga
Lihat juga...