Titik Api Masih Terpantau di Gunung Lawu

Editor: Koko Triarko

1.516
SOLO – Kebakaran hutan lindung kawasan Gunung Lawu kembali terjadi sejak Minggu (9/9) kemarin. Meski sempat dipadamkan pada Minggu malam oleh tim gabungan, pagi ini titik api kembali terlihat di lereng Gunung Lawu, yang masuk wilayah Karanganyar, Solo, Jawa Tengah. 
Titik api yang pagi ini masih terlihat di kaki gunung Lawu berada di hutan Tlogodringo, yang masuk Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Kepulan asap terlihat di petak yang sebelumnya, digunakan untuk kegiatan latihan dasar bagi pecinta alam.
“Minggu kemarin titik api sudah bisa dilokasir. Namun karena anginnya kecang, api kembali membesar,” kata Camat Tawangmangu Rusdianto, Senin (10/09/2018) pagi.
Kebakaran hutan yang terjadi di Tlogodringo pada tadi malam semakin besar. Petugas yang berusaha memadamkan tidak bisa dilakukan secara maksimal. Rencanannya, pagi ini akan dilakukan pemadaman titik api yang dilakukan petugas gabungan, baik Perhutani, Polsek, Koramil, serta relawan dan komunitas pecinta gunung.
“Kita kumpul di lapangan Tlogodringo untuk melakukan pemadaman. Semua elemen dilibatkan, baik Polisi, TNI, Perhutani, AGL, Relawan dan warga masyarakat,” tandasnya.
Untuk proses pemadaman yang dilakukan hanya bisa dilakukan dengan melokalisir titik api, agar tidak membesar. Sebab, untuk pemadaman dengan menggunakan air sangat sulit dilakukan, karena akses menuju titik api sangat sulit. Karena itu, seluruh elemen untuk mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan.
“Peralatan yang dibutuhkan seperti sabit, cangkul, dan alat-alat untuk melokalisir lainnya. Mudah-mudahan bisa cepat ditangani,” ucapnya.
Kondisi kebakaran hutan di Tlogodringo pagi ini terlihat api masih cukup besar. Kondisi cuaca kemarau panjang serta angin kencang membuat api dengan cepat membesar. Kondisi ini membuat petugas yang berusaha melokalisir api tidak berani mendekat, karena kobaran api cukup kencang dan tidak memungkinkan dilakukan pemadaman api.
Selain di Tlogodringo, kebakaran Lawu yang besar justru terjadi di hutan lindung yang masuk Magetan dan Ngawi, Jawa Timur. Sejumlah titik api besar terlihat di Petak 73 Kabupaten Magetan, serta petak 30, 39, 41 dan petak 19 BKPH Lawu Utara yang masuk wilayah Kabupaten Ngawi.
Meski semalam  sempat dapat dipadamkan oleh tim gabungan baik Perhutani, TNI, Polri, Sar dan Relawan. Pantauan pagi ini kepulan asap masih terlihat di sejumlah lokasi di hutan lindung gunung Lawu.
Baca Juga
Lihat juga...