Tommy Soeharto Dianugerahi Gelar KPH dari Pura Mangkunegaran

Editor: Satmoko Budi Santoso

886

SOLO – Hutomo Mandala Putra atau yang lebih dikenal dengan nama Tommy Soeharto mendapat gelar baru dari Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, dalam Jumenengan Mangkunegaran IX ke-31, yang diselenggarakan pada Rabu (19/9/2018), malam.

Putra bungsu Presiden ke-2 Indonesia, H.M Soeharto ini, dianugerahi gelar baru dari gelar sebelumnya Pangeran Haryo menjadi Kanjeng Pangeran Haryo (KPH). Pemberian gelar kehormatan itu diberikan oleh Raja Mangkunegaran IX, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya.

“Kekancingan diberikan kepada H. Hutomo Mandala Putra yang sebelumnya Pangeran Haryo menjadi Kanjeng Pangeran Haryo H. Hutomo Mandala Putra,” kata salah satu panitia Jumenengan, Joko Pramodyo.

Prosesi pemberian kekancingan oleh Raja Mangkunegaran IX, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya, saat Jumenengan Mangkunegaran IX yang ke 31 – Foto Harun Alrosid

Menurut Joko, selain Tommy Soeharto, ada 32 nama yang diberi gelar kehormatan oleh Mangkunegara IX. Salah satu di antaranya adalah mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang diberikan gelar Pangeran Haryo (PH).

Pemberian gelar itu karena sejumlah tokoh tersebut dinilai berjasa dalam memperjuangkan budaya. “Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo diberi gelar Pangeran Haryo,” tambahnya.

Tingalan Wiyosan Jumenengan Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara IX yang ke-31 diawali dengan Tari Bedhaya Anglir Mendung.

Tarian tersebut dibawakan oleh tujuh penari, menceritakan perjuangan Raja Mangkunegaran I Pangeran Samber Nyawa atau Raden Mas Said saat melawan penjajahan Belanda.

Baca Juga
Lihat juga...