TPP Harus Siap Mental dan Bersemangat

Editor: Mahadeva WS

164

SAMARINDA – Guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa, Tenaga Pendamping Profesional (TPP) di Kalimantan Timur, perlu kesiapan semangat dan mental. Keberadaanhya dibutuhkan untuk membantu penciptaan inovasi membangun masyarakat desa yang sejahtera.

Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim, M Sa’bani menuturkan, dengan semangat dan mental yang baik, akan terbangun motivasi kerja yang profesional. Serta semangat kreativitas mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa. “Kesiapan mental dan semangat ini penting dimiliki seluruh TPP, agar mampu memberikan sumbangsih yang nyata untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat desa,” tuturnya, Rabu (26/9/2018).

TPP diharapkan bisa profesional bekerja, dan beradaptasi dengan suasana desa, sergta mampu memberikan pendampingan yang tepat, sesuai kondisi di lapangan. “Selain bermodal semangat dan pengalaman ketika mengikuti pelatihan pratugas, diharapkan tenaga pendamping bisa melaksanakan tugas dengan berbagai inovasi, sehingga mampu mengembangkan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa,” tambahnya.

Tugas TPP adalah mengawal, agar penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa melalui Anggaran Dana Desa (ADD), tepat sasaran dan tidak menyimpang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, M Jauhar Efendi mengungkapkan, sebelum TPP diterjunkan ke lapangan, sudah mengikuti pelaksanaan pratugas pada 22 September hingga 1 Oktober 2018. “Penyelenggaraan ini dibebankan sepenuhnya melalui alokasi anggaran APBN DPMPD Kaltim tahun anggaran 2018,” sebutnya.

Melalui pelatihan pratugas, Jauhar mengharapkan, petugas bisa mengetahui bagaimana menjalankan tugas di lapangan, mulai pengambilan keputusan hingga melaksanakan musyawarah bersama masyarakat. “Semoga melalui pelatihan ini tumbuh komitmen dan kepedulian peserta terhadap masyarakat perdesaan,” tambah Jauhar.

Baca Juga
Lihat juga...