Trans Papua, Ruas Jayapura-Wamena Selesai Akhir 2018

1.434
Ilustrasi pembangunan jalan - Foto Dokumentasi CDN

JAYAPURA – Para kontraktor yang mengerjakan jalan trans Papua, ruas Jayapura-Wamena memastikan, pengerjaan dapat selesai Desember 2018. Dengan penyelesaian, kondisi jalan padat tahan cuaca (japat).

Direktur PT. Paesa Pasindo Engineering, Panal Banjarnahor mengatakan, pengerjaan jalan sepanjang 585 kilometer itu dipastikan selesai tepat waktu. Alat berat sudah dikerahkan untuk mendukung penggerjaannya. Dari 585 kilometer yang digarap saat ini, perusahaannya hanya mengerjakan sepanjang 12,5 kilometer.

Ruas yang digarap sebagian besar berupa pengerjaan badan jalan, karena di beberapa titik tidak lagi melintasi jalan lama dengan alasan berbagai faktor. Ada beberapa lokasi terpaksa dipindah, guna memudahkan pengendara saat melintasi ruas jalan tersebut.

Adapun lokasi yang tersulit terdapat di Sta 7+100 sampai dengan 8+575, atau segmen 1b, yang menuju jembatan Kali Kill atau Kali Edan, yang memiliki tingkat kecuraman mencapai 70 derajat. Namun secara keseluruhan, tidak ada kendala dalam pengerjaannya, kecuali masalah cuaca dan maraknya masyarakat yang melintas.

“Aktivitas masyarakat yang melintas cukup mengganggu karyawan yang sedang mengerjakan jalan karena terkadang harus menghentikan pekerjaannya bila ada kendaraan masyarakat mengalami gangguan, seperti mobil tertanam atau lainnya,” kata Banjarnahor, Minggu (16/9/2018).

Tingginya aktivitas pengguna jalan disebabkan, ruas tersebut dimanfaatkan masyarakat untuk membawa aneka jenis barang, dalam jumlah banyak dengan harga relatif murah dibanding jalur udara. Namun akibat kondisi jalan yang belum layak untuk dilewati, karena masih dalam tahap pengerjaan, hal itu menjadi kendala di pengerjaan di lapangan.

Diharapkan, para pengemudi tidak lagi melayani rute ke Wamena, guna menghindari terjadinya kecelakaan, seperti lokasi sebelum kali Kill yang mempunyai tingkat kecuraman hingga 70 derajat. Hal senada juga dikatakan Marwan Virgana, dari PT.Virgana Putra Perkasa, yang secara terpisah memastikan, di Desember mendatang, pengerjakan ruas jalan yang menjadi tanggung jawab perusahaannya selesai.

“Kami akan mengerjakan semaksimal mungkin, sehingga jalan tersebut layak dilewati walaupun belum diaspal,” kata Marwan seraya berharap masyarakat sementara tidak melintas karena masih tahap penggerjaan sehingga ruas jalan masih berisiko.

Harga sewa kendaraan dari Jayapura ke Wamena mencapai Rp15 juta hingga Rp20 juta. Perjalanan ditempuh sekira 17 jam perjalanan. Jalan Trans Papua Jayapura-Wamena menghubungkan lima kabupaten dan kota, Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Yalimo dan Kabupaten Jayawijaya. Dari Wamena, nantinya dapat terhubung ke kawasan pengunungan tengah termasuk Dekai (Kabupaten Yahukimo) dan Oksibil (Kabupaten Pegunungan Bintang) yang nantinya terhubung dengan Kabupaten Boven Digul. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...