Tumbangkan China, Jepang Raih Emas Sepak Bola Putri

PALEMBANG — Tim sepak bola putri Jepang meraih medali emas Asian Games XVIII setelah pada pertandingan final mengalahkan China dengan skor tipis 1-0 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Jumat malam (31/8/2018).

Permainan kolektif, tertata dalam menyerang dan bertahan, serta penuh ketenangan dan perhitungan menjadi kunci keberhasilan Jepang meraih gelar juara Asian Games yang kedua kalinya setelah yang pertama di Asian Games 2010 di Guangzhou.

Gol semata wayang di final ini tercipta oleh sundulan Sugasawa Yuika pada pengujung babak kedua, tepatnya menit 87. Pada pertandingan final ini kedua tim tampil memukau dengan menyuguhkan permainan berkelas.

Jepang yang tercatat sebagai peringkat enam rangking FIFA tampil dengan formasi idealnya menumpuk lima pemain tengah dan empat pemain belakang untuk menahan gempuran China. Tim terbaik Asia ini hanya menempatkan seorang striker di depan yakni Iwabuchi Mana.

Sementara China yang dikenal kuat dalam menyerang menempatkan tiga penyerang sekaligus untuk membongkar pertahanan Jepang.

Pada menit awal ini sudah terlihat bahwa Jepang lebih bermain defensif, sementara China sangat getol menyerang. Pada menit ke-14, China mendapatkan peluang emas melalui strikernya Wang Shanshan yang sejauh ini menjadi striker tersubur di ajang Asian Games XVIII dengan koleksi 12 gol.

Wang yang menggiring bola ke mulut gawang, memutuskan untuk mengoper ke temannya setelah mendapati kiper Jepang sudah bersiaga. Peluang ini pun terbuang percuma.

Tak mau menyerang, lima menit berselang giliran Gu Yansha yang mendapatkan peluang emas. Ia melepaskan tembakan keras ke gawang namun masih dapat ditangkap kiper.

Lihat juga...