Usman Alattas, Ingin Kota Bekasi Punya Lapangan Futsal

Editor: Mahadeva WS

181
Usman Alattas, pelatih Futsal tingkat Asia, pemegang lisensi Pelatih level II, Asosiasi Football Confederation (AFC) - Foto M Amin

BEKASI – Buah tidak pernah jatuh jauh dari pohonnya. Pepatah itu bisa menggambarkan prestasi Usman Alattas, pelatih Futsal tingkat Asia, pemegang lisensi Pelatih level II, Asosiasi Football Confederation (AFC).

Pesepakbola Umar Alattas merupakan mantan atlit Tim Nasional (Timnas) Indonesia, di era 80-an. Keberadaanyalah yang mewariskan kemampuan sepak bola ke Usman Alattas. Tak mau mendompleng nama dari orangtuanya, Usman sempat bermain bola dan masuk sebagai atlit tim U-17.

Tidak hanya itu, ketika masih berstatus mahasiswa, Dia masuk dalam Pomnas DKI. “Saya mengawali olahraga saat masih kuliah di Fakultas Olaharaga Jakarta, dan sempat masuk sebagai atlit sepak bola Tim U-17.  Saat kuliah sempat sampai ke Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas),” jelas Usman Alattas kepada Cendana News, Jumat (14/9/2018).

Seiring waktu berjalan, setelah selesai kuliah, karir sebagai pelatih menjadi pilihan. Selama tiga tahun menunggu untuk mendapatkan sertifikat AFC level 1 dilakoni. Hingga akhirnya dipercaya sebagai Pelatih Liga Nusantara di Megapro Futsal. Berbagai medali telah diraih di bidang kepelatihan, seperti medali perak Popda 2010, runner up Asosiasi Futsal Provinsi di 2016, kemudian naik menjadi pelatih tim Jabar dan membawa Provinsi Jawabarat, menjadi juara.

Selain sebagai pelatih Futsal tingkat nasional, Usman juga mengabdi di dunia pendidikan. Dia tercatat menjadi guru olahraga di salah satu SMA favorit di Kota Bekasi, sejak 2008. Di karir sebagai guru olahraga, Usman sukses membawa tim SMA 8 Kota Bekasi menjadi juara nasional diberbagai pertandingan olahraga. “Di SMA 8, saya sebagai guru olahraga. Disini juga saya kembangkan olahraha Futsal, sampai juara nasional dua tahun berturut turut pada ivent futsal Pocaresweat. Saat era Ardiansyah dari papua sebagai juaranya,” ujar Usman.

Diharapkannya, ada perhatian pemerintah terhadap olahraga untuk mengharumkan nama daerah ke nasional dari cabang olahraga.”Harapannya ingin pemerintah fokus, dan Kota Bekasi bisa punya PPlP, sekolah atlit. Karena di tempat lain sudah ada sekolah atlit seperti di Bogor, Bandung dan Jakarta. Kota Bekasi belum ada,” jelasnya.

Hal lain yang perlu perhatian di Bekasi adalah, lapangan Futsal. Sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan Jakarta, Kota Bekasi masih kalah dengan Kabupaten Bekasi, yang lebih dulu telah memiliki lapangan Futsal standar nasional. Lapangan Futsal ada di Kota Bekasi, tetapi lapangan komersil.

Lihat juga...

Isi komentar yuk