Wahana Memanah, Alternatif Menarik Bagi Pengunjung Mekarsari

Editor: Koko Triarko

159
BOGOR – Dari banyaknya alternatif kegiatan yang ada di Taman Buah Mekarsari, salah satu yang menarik para pengunjung untuk mencoba adalah wahana memanah.
Wahana memanah yang dimiliki oleh Taman Buah Mekarsari memang tidak terlalu luas, tapi memberikan kesempatan. Tidak hanya bagi para pengunjung dewasa, namun juga anak kecil. Hal ini terlihat dari variasi ukuran panah yang disiapkan di area memanah.
“Kami memang sengaja menyediakan fasilitas memanah di area Danau ini, sebagai alternatif untuk para pengunjung selama berada di area Taman Buah Mekarsari,” kata Markom Taman Buah Mekarsari, Firman Setiawan, Sabtu (29/9/2018).
Diakui Firman, bahwa memanah memang bukan olah raga seperti badminton atau bola yang tidak membutuhkan fasilitas pendukung yang spesifik.
“Olah raga memanah ini tidak simpel yang bisa dilakukan pengunjung begitu saja. Jadi, kami harus menyediakan fasilitas khusus berupa lahan yang aman dan perlengkapan yang memang khusus untuk olah raga ini,” papar Firman.
Kesiapan Taman Buah Mekarsari terlihat dari pengamanan jaring di seputar area memanah, dan beberapa fasilitas penunjang lainnya.
Firman menjelaskan, walaupun terlihat sebagai olah raga ringan, memanah sebenarnya memiliki banyak manfaat.
“Memanah ini termasuk olah raga yang mampu meningkatkan konsentrasi, sekaligus membangun koordinasi tangan, mata serta keseimbangan,” urainya.
Dengan memanah, seseorang akan terbiasa untuk fokus, sekaligus membangun kepercayaan diri, selain menjadikan tubuh sehat.
“Saat proses menarik busur, maka secara otomatis akan berpengaruh pada perkembangan otot di tubuh bagian atas. Terutama di otot tangan, otot dada, bahu dan punggung. Proses menahan saat membidik, itu akan membuat otot-otot ini terlatih. Begitu juga dengan keseimbangan dan fokus dari Si Pemanah,” kata Firman.
Proses latihan dalam olah raga memanah juga akan membangun sifat sabar, tekun dan fokus. “Jika dari kecil anak-anak sudah tertarik untuk memanah, ini dipercaya akan membangun sisi positif dalam diri mereka. Seperti kebiasaan untuk tekun dan fokus. Ini akan membantu anak-anak terbiasa menjadi fokus dalam setiap hal yang dilakukan. Termasuk dalam hal yang berkaitan untuk sekolah,” papar Firman.
Untuk bisa mencoba memanah, Taman Buah Mekarsari hanya mengenakan biaya Rp15.000 untuk lima buah anak panah.
“Kita sediakan beberapa variasi busur, sehingga sampai anak-anak kecil juga bisa mencoba di bawah pengawasan instruktur,” pungkas Firman.
Baca Juga
Lihat juga...