Wantim MUI Serukan Nobar Film G30S PKI

Editor: Mahadeva WS

294
Din Syamsuddin - Foto: Dok. CDN

JAKARTA – Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI) menyeru, Ormas Islam dan keluarga besar bangsa Indonesia, agar menonton film Penumpasan Penghianatan Gerakan 30 September PKI.

“Kami serukan masing-masing ormas Islam dan keluarga besar bangsa, khususnya TNI, agar nonton film G30S PKI pada 30 September. Agar bangsa Indonesia tidak melupakan sejarah kekejaman PKI di masa lampau,” kata Ketua Wantin MUI Din Syamsuddin, kepada Cendana News usai rapat pleno di kantor MUI, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Menurutnya, Wantim MUI akan mengusulkan kepada Dewan Pimpinanan MUI, agar mengadakan nonton bersama (nobar) film G30S PKI.  Nonton bareng film tersebut sangat penting, untuk mengingatkan sejarah kelam bangsa, yang pernah terjadi. Pemberontakan PKI tidak hanya terjadi sekali dalam perjalanan kehidungan Bangsa Indonesia. Pemberontakan PKI telah terjadi berulang-ulang, seperti kejadian di 1948 di Madiun. Kekejaman tersebut juga terjadi di banyak daerah di Indonesia.

Din berharap, pemerintah memprakarsai dan memerintahkan masyarakat untuk menonton film G30S PKI di tempat-tempat umum, seperti di mal-mal. “Nobar film G30S PKI di tempat umum, seperti mal-mal itu sangat bagus. Masa kalau ada piala dunia kita nonton bareng, tapi film sejarah tidak. Sebagai bangsa kita jangan lupakan sejarah,” tukas mantan Ketua Umum MUI Pusat tersebut.

Film G30S/PKI, bagian dari upaya penyadaran kepada generasi muda, peristiwa kejam dan kekerasan itu pernah terjadi di negara ini. Oleh karenanya, Wantim MUI mengajak masyarakat dan semua elemen bangsa, untuk tidak menutup-nutupi sejarah, apalagi menghilangkannya agar tidak diketahui generasi muda.

“Kekejaman PKI itu fakta sejarah yang harus menjadi pelajaran bagi kita, khususnya generasi muda harus tahu peristiwa kelam bangsa Indonesia. Sejarah memang harus kita maafkan kesalahannya, tetapi fakta sejarah itu tidak boleh dilupakan,” tukasnya.

Mantan Ketua Umum Muhammadiyah tersebut menegaskan, nonton pemutaran film G30S PKI digunakan untuk meluruskan sejarah. Sesuai yang dipesankan Bung Karno agar sebagai bangsa kita tidak melupakan sejarah.

Baca Juga
Lihat juga...