Warga Kota Bekasi Sambut Muharram dengan Pawai Ta’aruf

Editor: Makmun Hidayat

288
Antusias peserta Pawai Ta'aruf, saat menunggu doorprize dan pembagian hadiah lomba - Foto: M. Amin

Kota Bekasi — Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah, sejumlah elemen umat Islam tua muda hingga anak-anak di Kota Bekasi, antsusias mengikuti pawai ta’aruf. Berbagai doorprize pun dibagikan kepada peserta pawai, Senin (10/9/2018) malam.

Mereka berjalan kaki menempuh rute sepanjang 4 Kilo Meter (KM) mulai dari halaman kantor Kecamatan Jati Asih, Jl. Swatantra, hingga Bundaran Komsen, sampai komplek Perumahan Pemda dan kembali lagi di depan Masjid Al- Muaz Azazid, dengan membawa obor.

Pelepasan pawai dilakukan oleh Kapolsek Jati Asih, Koramil Jati Asih, dan Lurah Jati Asih tersebut, diikuti berbagai kesenian, replika, masjid dan replika Bedug. Kegiatan Pawai Ta’aruf itu dikemas dalam bentuk ‘Gebyar 1 Muharram 1440 H’ peserta pawai mendapatkan doorprize dari panitia pelaksana.

Ketua Panitia Pelaksana Gebyar 1 Muharram 1440 H, Ustad Dahlan Khoirun, mengatakan rangkaian kegiatan ini telah diisi dengan berbagai perlombaan yang diikuti oleh anak usia sekolah tingkat SD sampai SLTP di Kelurahan, RW 04 Jati Asih Kecamatan Jati Asih.

“Kegiatan menyambut Tahun Baru Islam sudah menjadi kegiatan rutin RW 04, Kelurahan Jatis Asih, melibatkan 6 RT. Ada juga lomba tingkat melibat seluruh RT” papar Ketua Panitia Ust. Dahlan, usai membagikan hadiah kepada pemenang.

Dikatakan, sebelumnya panitia sudah menggelar berbagai perlombaan yang diikuti oleh anak mulai dari tingkat SD sampai SLTP dari 6 RT yang ada di RW 04, Kelurahan Jati Asih.

Perlombaan itu, jelasnya dilaksanakan pada Minggu (9/9/2018), seperti lomba Adzan Iqomah, Mewarnai, membuat Kaligrafi, lomba membaca puisi, dan Pidato.

“Ini adalah syiar agama jangan hanya tahun baru masehi yang ramai. Kedua konsepnya untuk membina anak anak muda di lingkungan RW 04, TPA kian aktifdan masjid menjadi lebih makmur,”jelas Ust. Dahlan.

Semua hadiah dalam Gebyar 1 Muharram 1440 H, didapat dari swadaya masyarakat, sumbangan, berbagai pihak, donatur dan dana dari DKM sendiri dengan total mencapai Rp.20 juta.

Pantauan di lokasi peserta yang juara selain mendapat piagam juga mendapat uang tunai dan doorprize utama ada sepeda, mesin cuci dan lainnya seperti kipas angin, tas, raket nyamuk dan lainnya.

Baca Juga
Lihat juga...