World Clean Up Day, ASN Kota Bekasi Punguti Sampah

Editor: Makmun Hidayat

262

BEKASI — Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bekasi ikut menyemarakkan World Clean Up Day dengan menggelar aksi bersih-berish massal turun ke jalan memunguti sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Luthfi, mengatakan aksi pergerakan peduli sampah ini memang mengacu pada edaran dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, untuk bergerak peduli lingkungan. Sekaligus disamakan dengan Word Clean Up.

“Ini juga, bentuk semangat dalam rangka menyambut pelantikan Wali Kota Bekasi dan Wakil Wali Kota Bekasi terpilih pada 20 september 2018, mendatang,” papar Jumhana.

Kegiatan peduli sampah tersebut juga menindaklanjuti surat edaran Pj. Wali Kota Bekasi No: 600.1/4745/Dinas Lingkungan Hidup/2018, Sabtu (15/9/2018).

Dikatakan Jumhana, kegiatan yang sama soal Word Clean Up, terselenggara di 150 negara, bentuk kepedulian negeri tentang sampah yang terbuang tidak pada tempatnya. Kegiatan ini, imbuhnya, untuk menggugah masyarakat akan sadar lingkungan dan pentingnya menjaga kebersihan.

ASN Kota Bekasi melakukan aksi bersih-bersih massal – Foto: Ist/M. Amin

Kegiatan Word Clean Up dengan melibatkan ASN Pemko Bekasi itu terlaksana di beberapa titik pantau seperti di Alun-alun Kota Bekasi, Kampung Sejahtera Hijau, Hutan Patriot Bina Bangsa dan pusat lainnya di wilayah Kota Bekasi.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Kota Bekasi, Sajekti Rubiyah, menambahkan, aksi Clean Up Day, ini juga sebagai bentuk dukungan masuknya Kota Bekasi, bisa meraih Adipura.

“Seluruh staf Bagian Humas agar memantau di bagian bagian Wilayah yang telah bergerak. Dan ikut mensukseskan gerakan Kota Bekasi Bersih,” papar Sajekti.

Pantauan di lapangan, wilayah yang melaksanakan Word Clean Up, meliputi, Kecamatan Bekasi Timur dan Kecamatan Bekasi Selatan, di Bekasi Selatan titik pantau utama yakni Alun-alun Kota Bekasi dan Hutan Patriot Bina Bangsa yang sudah mulai aktif dari jam 06.00 hingga siang ini.

Sementara di Kecamatan Bekasi Timur, para ASN yamg disebar sesuai perintah Camat Bekasi Timur, Gutus Hermawan yang memantau langsung di wilayah Kelurahan Aren Jaya Bekasi serta Sekretaris Kecamatan Bekasi Timur, Fitri Widyati yang memantau di Wilayah Kelurahan Margahayu dan Bekasi Jaya lakukan aksi Clean Up Day.

Sekretaris Kecamatan Bekasi Timur, Fitri Widyati saat diwawancarai mengatakan pihaknya sebar luas para ASN di wilayah bersama warga melakukan aksi bersih lingkungan. Terutama di kantor kecamatan.

Baca Juga
Lihat juga...