YJI Lampung Selatan, Kampanyekan Pola Hidup Sehat

Editor: Mahadeva WS

171

LAMPUNG – Yayasan Jantung Indonesia (YJI), Kabupaten Lampung Selatan terus mengkampanyekan pola hidup sehat. Salah satu pola hidup sehat yang digalakan adalah, rutinitas aktivitas fisik seperti senam jantung sehat.

Winarni Nanang Ermanto, Ketua YJI Lampung Selatan menyebut, kesadaran pola hidup sehat merupakan bagian dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Perilaku hidup sehat sudah ada di masyarakat, namun perlu penguatan dan perluasan, terutama dalam praktik kalangan keluarga dan masyarakat.

Winarni Nanang Ermanto, ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Kabupaten Lampung Selatan terlihat semangat melakukan sen jantung sehat [Foto: Henk Widi]
“Melalui Yayasan Jantung Indonesia di Lampung Selatan, saya mengajak masyarakat untuk melakukan senam jantung sehat secara rutin, karena ini merupakan olahraga yang murah meriah, dan bisa dilakukan oleh berbagai usia,” terang Winarni Nanang Ermanto usai menggelar senam jantung sehat di halaman Puskesmas Penengahan, Jumat (14/9/2018).

Senam jantung sehat adalah, olahraga yang disusun dengan mengutamakan kemampuan jantung, gerakan otot besar, dan kelenturan sendi. Tujuannya, dapat memasukkan oksigen sebanyak mungkim ke dalam tubuh. Manfaatnya, jantung akan lebih sehat, bisa memperbaiki denyut nadi, yang menjadi komponen penting untuk memperlihatkan kesehatan jantung.

Imbas positifnya, aliran darah lebih lancar, mencegah stroke, jantung koroner dan penyumbatan pembuluh darah. YJI secara kontinyu mensosialisasikan Senam Jantung Sehat. Saat ini, di wilayah Lampung Selatan, sudah terbentuk 58 Klub Jantung Sehat (KJS), yang tersebar di sembilan kecamatan dari 17 kecamatan yang ada di Lampung Selatan.

Winarni, yang merupakan ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan menyebut, KJS dibentuk sebagai pelopor pola hidup sehat. KJS bisa menjadi komunitas masyarakat aktif, pendukung Germas yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan.

Kepala Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Puskesmas Rawat Inap Penengahan, Syaiful Anwar mengatakan, kegiatan Senam Jantung Sehat adalah kegiatan positif. Selama ini, Puskesmas rutin menggelar senam kesegaran jasmani, setiap hari Jumat. Kemudian ada pula senam untuk para lanjut usia, yang juga rutin digelar.

Germas secara nasional difokuskan pada tiga kegiatan yaitu, melakukan aktivitas fisik 30 menit perhari, mengonsumsi buah dan sayur, memeriksakan kesehatan secara rutin, minimal enam bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit. “Berbagai jenis senam yang ada salah satunya senam jantung sehat tentunya menjadi variasi untuk aktivitas fisik,” sebutnya.

Elisa, salah satu anggota KJS dari Desa Gandri menyebut, kegiatan senam jantung sehat rutin dilakukan sepekan sekali. Setelah mendapat pelatihan dari instruktur, Dia bersama puluhan anggota KJS rutin melakukannya setiap Minggu pagi.

Baca Juga
Lihat juga...