Anies Ingin Perpustakaan Nasional Tingkatkan Minat Baca

Editor: Satmoko Budi Santoso

178

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan, pentingnya minat membaca bagi generasi penerus bangsa. Dia mengatakan, Pemprov DKI akan memanfaatkan fasilitas lengkap Perpustakan Nasional guna meningkatkan minat baca anak-anak di ibu kota.

“Kita ingin serius dan karena itu saya datang ke sini, dan dalam waktu dekat kita akan bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional,” kata Anies dalam acara Forum Perpustakaan Sekolah Indonesia, di Perpusnas, Jakarta Pusat, Selasa (9/10/2018).

Selain itu, perpustakaan, kata Anies, juga harus menyesuaikan pendekatan dengan generasi milenial di abad 21, salah satunya dengan penggunaan teknologi.

“Namun, jangan mengharapkan teknologi otomatis meningkatkan minat baca langsung, tetapi harus kepada pembiasaan,” ujarnya.

Anies mengatakan, Jakarta bakalan beruntung memiliki fasilitas lengkap, terutama yang berkaitan dalam hal minat baca seperti Perpustakaan Nasional.

“Kita ingin agar fasilitas yang luar biasa ini dimanfaatkan oleh semua siswa dan warga Jakarta,” pungkasnya.

Dengan adanya perpustakaan, dia berharap,memberikan inovasi untuk menarik minat baca anak. Perpustakaan diharapkan dapat melakukan pendekatan dengan cara masa kini.

“Pengelola perpustakaan harus kreatif dan inovatif, harus terus membawa pembaharuan, serta harus membawa pendekatan. Sesuai dengan anak abad 21 sehingga minat baca yang turun jadi naik,” pungkasnya.

Kemudian orang nomor satu itu mengatakan, masih ada perpustakaan yang mengurus buku dengan sangat rapi agar bersih.

“Banyak sekali buku yang rapi sekali, masih di plastik, katanya biar aman. Padahal tujuannya adalah dibaca. Buku jangan seperti funitur bangunan, buku ya digunakan saja. Buku mau dicoret-coret, coretlah di situ,” imbuhnya.

Dia meminta Pemprov DKI mendukung pemanfaatan perpustakaan yang berada di Jakarta. Dia berharap agar perpustakaan dapat digunakan oleh seluruh masyarakat ibu kota.

“Pemprov DKI harus mau menata perpustakaan. Kita ingin agar fasilitas tersebut dimanfaatkan semua siswa dan warga Jakarta,” tutupnya.

Baca Juga
Lihat juga...