Anies: Sayembara Jak Lingko Bagian dari Ikhtiar Bersama

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

160
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (8/10/2018). Foto: Ist

JAKARTA — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengundang Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI) dan masyarakat Jakarta melalui sayembara untuk pembuatan logo Jak Lingko, nama pengganti dari One Karcis One Trip (OK OTrip). Gambar tersebut harus menggambarkan jejaring transportasi dan selesai sebelum akhir Oktober 2018.

“Kami ingin membuka sayembara kepada masyarakat untuk merancang logo Jak Lingko. Akhir Oktober kita bisa umumkan,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (8/10/2018).

Anies mengajak warga Jakarta untuk berpartisipasi dengan membuka sayembara desain logo Jak Lingko. Ini bagian dari ikhtiar yang nanti dibangun, dimiliki bersama.

“Ini bagian dari ikhtiar kita bahwa apa yang nanti kita bangun, milik kita semua. Bukan semata-mata keputusan selera gubernur, selera aparatur, selera mereka-mereka yang pegang otoritas, tapi kita serahkan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Mekanisme dan ketentuan sayembara akan diumumkan melalui akun media sosial Pemprov DKI Jakarta dan PT Transjakarta.

Adapun nama program OK Otrip mulai diperkenalkan ketika Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berkampanye dalam Pilkada DKI 2017. Program ini pertama kali diuji coba pada 15 Januari 2018. Uji coba sempat diperpanjang hingga empat kali hingga akhirnya diterapkan mulai 1 Oktober lalu.

Nama OK Otrip diubah menjadi Jak Lingko sehubungan dengan penerapan program integrasi transportasi itu. Meskipun penerapannya sudah dimulai, tidak ada perbedaan tarif dengan saat uji coba.

Selain itu bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti sayembara logo Jak Lingko, diimbau untuk memantau media sosial dan website resmi dari Pemprov DKI dan tagar #UrunIdeUntukJakarta untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Baca Juga
Lihat juga...