Antisipasi Kekeringan, Dinsos-BPBD NTB Perkuat Koordinasi

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

Kepala Dinsos NTB, Ahsanul Khalik. Foto : Turmuzi

MATARAM — Mengantisipasi kekeringan dan krisis air bersih di sejumlah wilayah langganan kekeringan di Provinsi Nusa Tenggara Barat, selama musim kemarau berlangsung, Dinas Sosial (Dinsos) perkuat koordinasi dan menjalin kerja sama dengan Badan Penanggulanganan Bencana Daerah (BPBD) NTB.

“Untuk antisipasi kekeringan dan krisis air bersih, kita sudah koordinasi dengan BPBD NTB, termasuk BPBD Kabupaten kota, supaya proses penanganan bisa maksimal,” kata Kepala Dinsos NTB, Ahsanul Khalik di Mataram, Rabu (10/10/2018).

Dikatakan, saat ini hingga Desember, ada beberapa daerah yang memang biasa menjadi langganan kekeringan setiap tahunnya. Yakni, kawasan selatan Pulau Lombok seperti Kecamatan Jerowaru, termasuk Lombok Tengah dan Lombok Barat.

“Kekeringan juga biasa terjadi di Pulau Sumbawa seperti Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima. Kawasan Lombok Utara juga terdampak kekeringan akibat gempa,” katanya.

Khalik mengklaim, pihaknya sudah melakukan langkah antisipasi, khususnya di luar lokasi bencana gempa. Untuk proses pendistribusian air bersih, Dinsos NTB telah mengatur jadwal dengan kekuatan tangki air yang dimiliki.

Lihat juga...