Balikpapan Siapkan Tiga Tempat Penampungan Bagi Korban Gempa di Palu

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

320

BALIKPAPAN — Setelah melakukan koordinasi dengan instansi terkait, Pemerintah Kota Balikpapan mempersiapkan tiga lokasi penampungan bagi korban gempa Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Ketiga lokasi itu yaitu Asrama Haji Batakan, Dodikjur TNI AD dan SPN Brimob Polda Kalimantan Timur.

Asisten I Tata Pemerintahan Pemerintah Kota Balikpapan, Syaiful Bahri mengungkapkan tidak hanya mempersiapkan tiga lokasi penampungan, pemerintah juga telah mempersiapkan tiga rumah sakit, di antaranya Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo, Rumah Sakit TNI AD dr. Hardjanto dan Rumah Sakit Bhayangkara.

“Kami belum tahu, apakah akan ada eksodus pengungsi ke sini. Tapi kami sudah mengantisipasi dengan menyiapkan tiga tempat,” paparnya saat memberikan keterangan kepada media, Senin (1/10/2018).

Kendati mempersiapkan lokasi penampungan, namun pemerintah kota tidak dapat menanggung sepenuhnya pengungsi yang datang.

“Semua akan di data dan kalau ada pengungsi yang mau pulang ke daerah asal misalnya ke pulau Jawa, ya kami fasilitasi,” tutur Syaiful Bahri didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan.

Syaiful menyebutkan dari Balikpapan juga mengirim obat-obatan dan 26 tim kesehatan, kecuali dokter spesialis orthopedi dan ahli bedah.

“Tidak dikirimnya dokter spesialis dan ahli bedah itu karena tidak mungkin melakukan operasi di sana, perlengkapannya tak memadai. Jadi, korban yang harus dioperasi nanti dirujuk ke rumah sakit yang ada di kota ini,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga membuka rekening bantuan untuk korban bencana gempa Palu dan Donggala yang kini dalam proses.

“Nanti kami umumkan, pembukaan rekening untuk warga yang ingin membantu dan akan disalurkan,” imbau Syaiful.

Adapun bantuan barang dan bahan makanan yang terkumpul, nantinya juga disalurkan melalui jalur udara dengan menggunakan pesawat milik TNI AU.

“Mengingat untuk jalur laut dan darat masih tidak mungkin. Aksesnya sulit, juga rawan,” tandasnya.

Sementara itu pada rapat paripurna penetapan APBD Perubahan 2018, DPRD Balikpapan menyetujui anggaran untuk bantuan bagi korban gempa di Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah sebesar Rp1 miliar.

Rencananya pemberian anggaran bantuan bencana itu akan dibagi dua untuk daerah yang terkena bencana gempa dan tsunami.

Baca Juga
Lihat juga...