Bangkitkan Pariwisata NTB, Pelaku Wisata Diminta Kompak

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

179

MATARAM — Masyarakat dan pelaku wisata diminta dapat membangun sinergi dan kekompakan dalam upaya membangkitkan kembali gairah pariwisata Nusa Tenggara Barat, pascabencana gempa melanda.

“Kalau ingin pariwisata bisa kembali pulih seperti biasa, pelaku wisata harus kompak, supaya bisa keluar dari kondisi yang ada sekarang” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu. Mohammad Faozal, Kamis (4/10/2018).

Menurutnya, semua dapat mengambil bagian sesuai peran masing-masing. Melakukan promosi melalui organisasi  dan menginformasikan kalau NTB sudah aman dikunjungi.

Selain kekompakan, tidak kalah penting, bagaimana membangun sikap optimisme dan tidak larut dengan kondisi yang ada. Apalagi kondisi industri pariwisata di NTB saat ini dalam masa recovery.

“Sangat tergantung dari orang-orang yang mampu membangun semangat optimisme tinggi untuk membangkitkan kembali industri pariwisata NTB. Tentunya dengan kekompakan dan inovasi,” terangnya.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengatakan, salah satu kunci dari kemajuan industri pariwisata di satu daerah adalah memperbanyak direct flight internasional dan event internasional.

Sekali direct flight ke Lombok dan Sumbawa, maka efek eksternalnya cukup banyak. Multiplayer efeknya cukup banyak untuk memajukan industri pariwisata di NTB.

“Penataan akses ke NTB juga perlu dipikirkan dengan baik. Bandara sebagai gerbang utama akses pariwisata, perlu diperhatikan, mulai dari Toilet yang bersih serta pelaku-pelaku usaha pariwisata yang ramah dalam melayani wisatawan yang datang,” sebutnya

Pemerintah menjadi pengendali dalam kemajuan industri pariwisata. Dengan kehadiran pemerintah, akan dapat membantu, memfasilitasi serta memberikan solusi terhadap dinamika pariwisata di NTB.

Baca Juga
Lihat juga...