Bantuan Luar Negeri Mulai Berdatangan di Bandara SAMS Sepinggan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

176

BALIKPAPAN — Bantuan Luar Negeri dari Singapura dan India untuk korban gempa dan tsunami Palu dan Kabupaten Donggala mulai berdatangan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan. 

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor mengapresiasi solidaritas dunia yang memberikan respon cepat dengan memberikan berbagai bantuan untuk korban gempa.

“Kita saksikan langsung bantuan dari negara sahabat sudah berdatangan. Mulai dari makanan, obat-obatan dan perlengkapan lainnya,” ucapnya saat meninjau langsung bantuan yang datang di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Kamis (4/10/2018).

Belum diketahui jumlah dari bantuan luar negeri, karena masih dilakukan perhitungan detail. Bantuan sendiri saat ii masih berada di Hanggar C.

Isran menjelaskan, bantuan segera didistribusikan ke lokasi gempa. Dipastikan makanan ringan siap makan ini halal dan apat langsung dinikmati pengungsi atau korban gempa.

“Bantuan ini segera didistribusikan ke daerah nya agar dapat digunakan langsung,” tandasnya.

Sementara itu bantuan dari masyarakat Kaltim, Kepala BNPB Kaltim Frederik mengatakan, sudah dikirimkan melalui kapal laut. Bantuan itu berupa genset, motor, bahan makanan dan minuman.

“Di terminal Hanggar C dan D kembali bantuan dari istana Kepresidenan yang dibungkus merah putih diterbangkan dengan Hercules milik Singapura pukul 15.00 wita. Beratnya sekitar 90 ton yang dikirim secara bertahap,” sebut Frederik.

Baca Juga
Lihat juga...