Baznas Salurkan Rp8 Miliar untuk Bantu Korban Bencana Sulteng

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

210

JAKARTA — Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Bambang Sudibyo, mengatakan, Baznas telah menggelontorkan dana sebesar Rp 8 miliar untuk membantu korban gempa tsunami di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Dana tersebut menurutnya akan terus bertambah seiring banyaknya pihak yang telah menyalurkan donasinya ke Baznas. Apalagi saat ini korban tsunami Palu sangat membutuhkan layanan kesehatan, air, makanan, pakaian, selimut dan tenda.

“BAZNAS telah kucurkan dana Rp5 miliar untuk korban tsunami Palu, tapi ada tambahan Rp3 miliar donasi dari Lotte yang disalurkan pada kami. Jadi totalnya, Rp8 miliar,” kata Bambang di Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Direktur Utama BAZNAS, Arifin Purwakarta menambahkan, bantuan adalah salah satu ajang yang membuat korban bencana kuat.

“Tetapi mental, keyakinan dan ketabahan mereka yang bisa membuat bangkit setelah pasca bencana,” ujar Arifin.

Namun sebagai lembaga kemanusiaan, lanjutnya, BAZNAS berkomitmen membantu korban tsunami Palu dengan mengirimkan tim dan kecukupan logistik bagi para korban.

Selain itu adalah psikoterapi bagi anak-anak korban tsunami dan gempa.

“Psikoterapi ini sangat penting karena anak-anak di Palu mengalami trauma sangat dahsyat dibandingkan gempa Lombok,” tandas Arifin.

Hingga kini jelasnya, BAZNAS telah mengirimkan 19 personel ke Palu dan terus akan bertambah. Bahkan, besok Kamis (4/10/2018) pengiriman dengan kelengkapan logistik diberangkatkan dari Jakarta dengan penerbangan ke Bali dan berlanjut ke Palu.

 

 

 

Baca Juga
Lihat juga...