Belajar Bersama Melalui Kelas Kreatif di Rumah Seni Nirmana

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

141

BALIKPAPAN — Masih minimnya ketersediaan ruang kreatif bagi masyarakat membuat Rumah Seni Nirmana tertarik untuk mengekspos program kegiatan untuk melahirkan pelaku industri kreatif dan seniman baru.

Program kegiatan itu dirangkai dengan belajar bersama, dengan menyalurkan hobi kreatif masyarakat melalui kelas-kelas kreatif yang dibuka.

Rumah Seni Nirmana adalah ruang pembelajaran bersama untuk berkesenian melalui kelas-kelas kreatif, lokakarya, ruang pamer, kolaborasi, diskusi publik, serta agenda kreatif lainnya yang berlokasi di Balikpapan.

“Melalui belajar bersama harapannya dapat memberikan soslusi kegiatan berkesenian dan interaksi budaya di dalam dan luar negeri. Tujuan menciptakan pasar yang kompetitif untuk bersaing dalam industri seni,” kata Pendiri Rumah Seni Nirmana, Sophi Razak.

Adapun metode pengajaran dengan eksplorasi media dan handycraft. Lanjut Sophi dengan media pembelajaran dari referensi buku, katalog, majalah, internet, audio dan audio visual.

“Fasilitas yang digunakan bahan dan alat praktik, perangkat audio visual. Bahkan ruang belajarnya juga tidak harus berada di ruang kelas tapi ada di luar dengan suasana alam,” ucapnya, Kamis (11/10/2018).

Melalui kegiatan yang dilakukan menurutnya, dapat memfasilitasi kebutuhan peserta didik maupun peserta kelas kreatif dalam berkreasi. Kemudahan untuk mendapatkan berbagai material seni rupa dan kerajinan tangan menjadi salah satu solusi yang memudahkan akses dan tentunya kenyamanan bagi para pengunjung.

“Belajar bersama tidak hanya peserta didiknya saja tapi juga orang tua yang mau untuk belajar juga diberikan ruang,” tandasnya.

Sophi mengatakan, kurikulum yang digunakan setiap anak diberi keleluasaan untuk mengekspresikan imajinasinya dalam menggambar, melukis maupun mewarnai. Bahkan keterampilan berkreasi dengan media atau bahan lain.

“Anak diberikan ruang kebebasan berkreasi dan bermain namun tidak main-main. Art Class ini hadir dengan mengacu pada seni sebagai basis pendidikan non formal yang mampu menjadikan proses, aktivitas, dan tumbuh kembang anak terakomodir dengan baik dan proporsional,” papar Sophi.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan konseling bagi orang tua, guru, pemerhati anak. “Konseling tentang kreativitas anak terkait perkembangan, pertumbuhan dan masalah belajar. Dan konseling apresiatif tentang perilaku anak ketika berhubungan dengan minat dan bakat tentang seni,” ujarnya.

Sophi berharap melalui Rumah Seni Nirmana melahirkan generasi yang tumbuh sesuai minat bakat yang dimiliki generasi itu sendiri. “Dengan kelas kreatif yang diciptakan dapat belajar mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki generasi,” tutupnya.

Baca Juga
Lihat juga...