BNPT untuk Warga Tikep Mulai Disalurkan

235

TERNATE – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut), mulai menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), untuk masyarakat kurang mampu. Bantuan tersebut sebagai pengganti bantuan Beras Miskin (Raskin) di Tikep.

“Bantuan ini yang akan menggantikan program beras untuk Keluarga Sejahtera (Rastra) dulu Raskin, di Oktober ini, Tidore sudah tidak lagi menjalankan program Rastra melainkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT),” kata Kadinsos Kota Tikep, Amir Gorotomole, Minggu (21/10/2018).

Program yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat itu, saat ini hanya tinggal menunggu penyaluran kartu dari Kementerian Sosial. Penyaluran BPNT dilakukan secara langsung, atas kerjasama Bank BRI, dengan toko sembako, yang nantinya ditetapkan BRI sebagai penyalur bantuan.

Para penerima bantuan, akan mendapatkan bantuan beras dan telur. Jika diuangkan, maka bantuan yang diterima nilainya Rp110.000 per penerima bantuan. “Setelah Rakor di Surabaya pada 25 Oktober 2018, bantuan tahap ke empat untuk di bulan ini sudah dapat dipastikan, jadi saat ini Kementrian Sosial tinggal mencetak kartu yang akan diberikan ke masyarakat melalui Bank BRI,” tutur Amir.

Warga penerima bantuan BPNT di Kota Tidore Kepulauan, yang berhak menerima bantuan ada 5.090 jumlah Kepala Keluarga (KK). Tetapi di Maret 2019 mendatang, data tersebut kembali diverifikasi, untuk memastikan keberadaan dan kelayakan penerima. “Masyarakat yang menerima bantuan, adalah mereka yang sebelumnya menerima bantuan Rastra, jadi bantuan ini hanya dilakukan pergantian nama saja, dari Rastra ke BPNT,” pungkasnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...