Cakupan Imunisasi MR di Balikpapan Baru 47,23 Persen

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

171

BALIKPAPAN — Mendukung pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (MR), Pemerintah Kota Balikpapan memberikan penghargaan kepada sekolah yang melaksanakan imunisasi dengan cakupan lebih dari 95 persen. Adapun yang mendapatkan piagam, sebanyak 27 sekolah yang meliputi 17 PAUD dan TK, tujuh setingkat SD, dan 3 setingkat SMP/MTS.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Wali kota Balikpapan Rizal Effendi sekaligus pemberian imunisasi di Kantor Dinas Pendidikan Balikpapan oleh Dinas Kesehatan Kota Balikpapan.

Sementara itu, berdasarkan data terakhir, hingga Sabtu (6/10/2018) jumlah cakupan imunisasi MR baru mencapai 47,23 persen, masih jauh dari target yang ditetapkan.

“Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Kesehatan RI tahun 2018 bahwa pelaksanaan imunisasi MR diperpanjang hingga 31 Oktober 2018. Sehingga imunisasi terus dilaksanakan hingga mencapai target,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, dr. Esther Vonny K, MMR, Selasa (9/10/2018).

Menurut Vonny, jumlah sasaran sebanyak 156.336 anak dengan usia 9 bulan hingga 15 tahun. “70 persennya usia anak sekolah,” terangnya.

Selain itu, saat ini terjadi peningkatan kasus Penyakit Campak dan Rubella di Kota Balikpapan yang mencapai lebih dari 100 persen. Berdasarkan data dari Litbang Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, pada 2016 terdapat 26 kasus campak dan Rubella.

“2017 meningkat tajam menjadi 127 kasus,” sebut dr. Vonny.

Menindaklanjuti hal itu, pihak Dinas Kesehatan Kota Balikpapan mengimbau agar warga Balikpapan segera membawa anaknya untuk mendapat layanan imunisasi di sekolah atau puskesmas.

“Apabila ada anak yang belum mendapatkan di sekolah, maka segera mengikuti imunisasi di Puskesmas sesuai dengan jadwal di masing-masing Puskesmas,” imbaunya.

Vonny menambahkan imunisasi MR adalah satu-satunya cara untuk mencegah penyakit Campak dan Rubella, sehingga target yang harus dicapai lebih dari 95 pernsen untuk mencapai kekebalan kelompok herd immunity.

“Imunisasi MR diberikan gratis untuk memberi perlindungan anak dari penyakit Campak dan Rubella yang mengakibatkan kecacatan permanen,” tandasnya.

Baca Juga
Lihat juga...