Dinas Koperasi NTB Siapkan Dana Stimulan UKM Korban Gempa

Editor: Satmoko Budi Santoso

235

MATARAM – Untuk membantu masyarakat pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat, Dinas Koperasi NTB menyiapkan anggaran berupa dana stimulan.

“Ada dana stimulan yang dianggarkan pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk membantu membangkitkan perekonomian masyarakat, khususnya pelaku UMKM,” kata Kepala Dinas Koperasi NTB, H. Lalu Saswadi, di Mataram, Selasa (9/10/2018)

Meski demikian, anggarannya sangat terbatas, yaitu senilai Rp3 miliar yang akan dibagi kepada seluruh masyarakat pelaku UMKM yang telah terdata, baik di Pulau Lombok maupun Sumbawa.

Meski nilainya sedikit, dana stimulan yang diberikan tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat pelaku UMKM bisa bangkit dari kondisi yang ada pasca-dilanda bencana gempa.

“Selain permodalan, Diskop NTB juga siap memberikan pelatihan dan pembinaan langsung kepada masyarakat di lokasi gempa, khususnya kaum ibu-ibu,” katanya.

Ia mencontohkan kawasan Gunung Sari, Lombok Barat, merupakan daerah penghasil gula aren, akan diajarkan bagaimana membuat kemasan gula yang dihasilkan bisa bagus, supaya enak dipasarkan.

Masalah pemasaran juga menjadi bagian yang perlu mendapatkan perhatian. Sebab kalau memasarkan di daerah, pasarnya belum ada. Itulah sebabnya kementerian minta supaya pemasarannya difasilitasi keluar.

“Untuk peralatan, UMKM yang ada juga akan dibantu dinas dan instansi terkait,” tutur Saswadi.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, saat mengunjungi korban gempa Lombok bersama Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan dan Direktur IMF mengatakan, selain bantuan jaminan hidup, pemerintah pusat juga memastikan akan membuat program stimulus kebangkitan ekonomi di Pulau Lombok pascagempa.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah diminta untuk memberi kemudahan pinjaman dan penghapusan hutang kepada para kreditur.

“Demikian pula stimulus kemudahan pembayaran pajak kepada para korban terdampak gempa,” pintanya.

Baca Juga
Lihat juga...