Dinas Pertanian Jogja Kembangkan Kampung Agro

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

185

YOGYAKARTA — Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta berupaya memaksimalkan potensi pertanian perkotaan dengan menginisiasi program kampung agro. Pada tahap awal, diterapkan di Kampung Pilahan, Rejowinangun, Umbulharjo.

Dalam tiga tahun, Kampung Agro Pilahan ditargetkan mampu berjalan baik dan menjadi percontohan bagi kampung-kampung lainnya di kota Yogyakarta.

Kepala Bidang Pertanian, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Supartomo mengatakan, kampung Pilahan dipilih karena memiliki kelompok tani perkotaan yang aktif.

“Di kampung ini kegiatan pertanian perkotaan warga cukup menonjol. Yakni tidak berbasis pada lahan. Namun lebih ke pemanfaatan pekarangan untuk pengembangan tanaman holtikultura. Seperti sayur-sayuran dan buah-buahan,” katanya di Yogyakarta, Senin (01/10/2018).

Program ini digulirkan sebagai bagian pengembangan wilayah yang dimotori kegiatan pertanian. Berbagai potensi lain yang dimiliki juga akan dikembangkan. Mulai seni budaya, olahan kuliner, hingga usaha kerajinan.

Kepala Bidang Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Supartomo. Foto: Jatmika H Kusmargana

“Jadi kita hanya mendorong masyarakat mengembangkan potensi yang dimiliki masing-masing wilayahnya. Kebetulan kampung Pilahan ini memiliki potensi besar, sehingga kita dukung. Harapnya, tentu dapat menjadi daya tarik wisata di Pilahan, sehingga mampu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Supartomo menilai Kota Yogyakarta sebenarnya memiliki banyak kampung yang memiliki potensi untuk bisa dikembangkan. Banyak kelompok masyarakat, baik dalam Poktan Wanita maupun Perkotaan yang melakukan aktivitas di kampungnya.

“Tantangannya adalah menjadikan kelompok-kelompok ini melakukan kegiatan secara berkelanjutan. Keterpaduan antara kelompok, masyarakat maupun pemerintah di masing-masing wilayah sangat penting. Karena yang memiliki wewenang penuh dalam berbagai bidang adalah pihak kelurahan ataupun kecamatan,” tutupnya.

Baca Juga
Lihat juga...