Dongkrak Pariwisata, Pemkot Balikpapan Kerja Sama dengan Angkasa Pura

Editor: Satmoko Budi Santoso

151

BALIKPAPAN – Guna meningkatkan kunjungan dan promosi pariwisata di Kota Balikpapan, Pemerintah kota dan PT Angkasa Pura I cabang Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan menandatangani kerja sama dalam bidang pariwisata.

GM PT Angkasa Pura I cabang Bandara SAMS Sepinggan, Farid Indra Nugraha, menuturkan kerja sama yang dilaksanakan ini sudah terjalin sejak lama. Pihaknya memperpanjang kerja sama ini untuk mendukung program pemerintah kota yang terkait dengan kebandaraudaraan.

“Nota kesepakatan sudah ditandatangani, kerja sama ini seperti menyediakan tempat pusat informasi di Bandara. Kemudian melaksanakan program kerja bersama dan pendanaan yang bisa disupport melalui Coorporate Social Responbility (CSR),” paparnya usai Penandatanganan Kerja Sama, Senin (8/10/2018).

Selanjutnya setelah penandatanganan tersebut, nantinya akan melaksanakan program kerja bersama yang lebih detail sehingga program bisa sejalan dan saling mendukung. “Kami dukung kalau pemerintah kota Balikpapan punya program,” urai Farid.

Menanggapi penandatanganan kerja sama tersebut, Wali kota Balikpapan, Rizal Effendi menjelaskan, apabila bandara dikelola dengan baik, maka akan berdampak bagi kota Balikpapan, khususnya pada kunjungan wisatawan.

“Jadi kerja sama ini penting untuk mempromosikan kepariwisataan dan potensi lainnya. Kalau bandara dikelola dengan baik, biasanya akan memicu kedatangan wisatawan ke suatu daerah,” pungkasnya.

Menurutnya, bandara SAMS Sepinggan yang dikelola PT Angkasa Pura I adalah milik bersama, sehingga jika pengelolaannya kurang maksimal, implikasinya juga dirasakan kota Madinatul Iman.

“Bandara APT Pranoto di Samarinda juga dioperasikan dan tentu akan berdampak terhadap kekurangan penumpang yang melalui Bandara SAMS Sepinggan sebagai salah satu bandar udara terbaik di dunia,” kata Rizal Effendi.

Selain itu, adanya program CSR juga bisa diperuntukkan ke dunia pendidikan. “Dari kerja sama ini implikasinya nggak hanya pada pariwisata, tapi juga sebagai pendapatan daerah dari sektor transportasi dan usaha lain yang dilakukan Angkasa Pura 1,” ujarnya.

Untuk itu, Rizal menambahkan, kerja sama ini sangat penting agar sektor pariwisata meningkat. Mengingat Bandara SAMS Sepinggan merupakan bandar udara yang sangat dekat dengan Malaysia dan Singapura.

Baca Juga
Lihat juga...